Tingkatkan Ekonomi Kreatif, Koperindag  Gelar  Workhsop e-Smart

Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie (tengah) saat memberikan sambutan pada Workhsop e-Smart  bagi IKM, Rabu (18/7/18), di Hotel Sumber Ria Kota Gorontalo. (foto : Andika- Humas)

KOTA GORONTALO, HUMAS – Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo menggelar Workhsop e-Smart  bagi IKM, Rabu (18/7/18), di Hotel Sumber Ria Kota Gorontalo.

Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie dalam sambutannya saat membuka kegiatan menjelaskan, melalui internet sangat memberikan kemudahan para pelaku usaha. Pemasaran lewat internet tidak terbatas oleh waktu yang bisa diakses konsumen selama 24 jam. Para produsen bisa menginformasikan produknya hingga ke seluruh daerah nusantara sehingga pemasarannya menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca Juga :  Tekan Pengangguran, Nakertrans Gorontalo Beri Pelatihan Kerja

“ Strategi pemasaran internet sudah terbukti dapat mengurangi biaya pemasaran, pelaku usaha pun bisa lebih mudah menjalin hubungan dengan konsumen yang akhirnya dapat terjalin komunikasi interaktif antara konsumen dan pelaku bisnis,” kata Idah.

Lebih lanjut Idah yang juga Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo mengungkapkan, produk pangan lokal biasanya dikembangkan sesuai referensi konsumen lokal yang berkaitan erat dengan budaya lokal setempat.

“ Tuntutan konsumen terhadap pangan terus berkembang, dan selera konsumen menjadi faktor penting untuk diperhatikan oleh setiap produsen,” imbuh Idah.

Untuk itu inovasi teknologi juga harus menyentuh aspek prefernsi konsumen yakni kesesuaian baik terhadap selera, kebiasaan, kesukaan, kebudayaan atau terlebih terhadap kepercayaan/agama.

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo Terus Dorong Produktivitas Padi

Kepada peserta warkshop yang berjumlah 100 orang tersebut Idah berharap dapat mendorong kreatifitas dan motivasi para IKM sehingga mampu memberikan konstribusi terhadap perkembangan IKM yang ada di Provinsi Gorontalo yang ujung-ujungnya dapat meningkatkan pendapatan serta menaikkan taraf ekonomi masyarakat. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Lomba  Inovasi Olahan Pangan.

Pewarta : Burhan

211 total views, 1 views today

author

Author: