Tetapkan 1 Ramadan, Pemprov Gorontalo Gelar Adat Tenggeyamo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah, kiri) saat memberikan arahan pada pelaksanaan adat Tenggeyamo yang berlangsung di rumah jabatan gubernur, Selasa malam, (15/5/2018). Tenggeyamo merupakan adat penetapan 1 Ramadan 1439 H yang mengacu pada sidang isbat Kementrian Agama RI. (Foto: Salman-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar adat Tenggeyamo atau penetapan awal ibadah puasa 1 Ramadan 1439 Hijriyah bertempat di rumah jabatan gubernur, Selasa malam, (15/5/2018). Kementerian Agama RI resmi menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018.

Adat Tenggeyamo ini atau lebih dikenal dengan penetapan awal puasa adalah rangkaian yang wajib digelar setiap menyambut bulan suci Ramadan.  Hal itu sebagai pemberitahuan resmi lembaga adat dan pemerintah daerah kepada umat muslim mengacu pada hasil sidang isbat oleh Kementerian Agama RI.

Baca Juga :  5000 Warga Diundang Syukuran Milad Keluarga Habibie

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang turut hadir didampingi Wakil Gubernur Idris Rahim merasa bersyukur tahun ini pelaksanaan bulan suci Ramadan serentak oleh umat muslim. Tidak ada perbedaan pelaksanaan puasa antara ormas islam dengan keputusan pemerintah pusat.

“Alhamdulillah tahun ini kita semua baik umat muslim NU maupun Muhammadiyah sama sama melaksanakan ibadah puasa serentak. Tidak ada perbedaan, semoga saja nanti juga sampai penetapan 1 Syawal bisa sama sama. Kita harus bersyukur, tidak ada perbedaan,” kata Rusli

Terkait dengan kebutuhan pokok masyarakat selama Ramadan, Gubernur Rusli mengaku sudah mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga jauh hari sebelumnya. Ia menyebut kebutuhan bahan pokok, elpiji, bbm maupun listrik dipastikan aman.

Baca Juga :  Peringati Hari Nusantara, Gubernur Ajak Masyarakat Jaga Laut

“Sebelum ramadan kami Pemerintah Provinsi Gorontalo mengadakan rapat persiapan, dan alhamdulillah semuanya aman. Saya sudah pantau , bahkan sekarang ada pasar murah. Semua di sana tersedia. Kemarin juga kami rapat dengan Forkopimda , khususnya mengenai kemanan bahkan hadir saat itu bapak Pangdam XIII merdeka beliau mengatakan kondisi Gorontalo sangat aman. Mari kita jaga sama sama,” jelasnya .

Selama bulan puasa, pihaknya juga akan menggelar safari Ramadan di enam kabupaten/kota. Selain untuk bersilaturahmi ke masjid-masjid, kegiatan rutin tahunan itu dilaksanakan untuk berbagi dengan masyarakat dengan menggelar pasar murah dan penyerahan santunan.
Pewarta: Ecyhin

Editor: Isam

193 total views, 1 views today

author

Author: