Temu Responden BI, Gagas UMKM Gorontalo Manfaatkan E-Commerce

Wagub Idris Rahim (tengah) bersama Kepala Perwakilan BI Gorontalo, Ricky Perdana Gozali (ketiga kiri), pimpinan perbankan dan narasumber Temu Responden BI Tahun 2018, berfoto bersama di Kantor BI Gorontalo, Kamis (20/9). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo menggelar temu responden yang diikuti oleh 200 pegiat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), organisasi perangkat daerah terkait, perbankan, perguruan tinggi, pegiat media sosial dan pimpinan media massa, yang digelar di aula kantor Perwakilan BI Gorontalo, Kamis (20/9).

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Strategi Memenangkan Pasar dengan Memanfaatkan E-Commerce dan Sharing Success Story Kegiatan Ekspor di Gorontalo’, dibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim. Narasumber pada kegiatan tersebut, yaitu pengusaha dan eksportir hasil perikanan Gorontalo, Idris Nteseo, Associate VP of Special Projects Bukalapak, Rahmat Danu Andika, serta artis dan founder Trunycta, Pastry by Nycttagina dan Eyemissyoulashes, Nycta Gina.

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo Bekali Ilmu Karate Kepada Satpol PP

Kepala Perwakilan BI Gorontalo, Ricky Perdana Gozali mengatakan, di era modern saat ini digitalisasi ekonomi yang merupakan bagian dari revolusi industri 4,0, hadir untuk merubah kegiatan ekonomi konvensional. Ricky menuturkan, hadirnya digitalisasi layanan perdagangan dan keuangan membuat banyak perubahan fundamental, seperti terbukanya akses pasar seluas-luasnya, hingga inovasi sistem pembayaran.

“E-Commerce membuka akses pasar yang tidak terbatas, pelaku bisnis dapat menjual barangnya melalui E-Commerce baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri,” ucap Ricky.

Oleh karena itu, lanjut Kepala Perwakilan BI Gorontalo, pihaknya menggelar temu responden sebagai salah satu upaya untuk mendorong pelaku bisnis dan UMKM di Provinsi Gorontalo untuk memanfaatkan peluang melalui E-Commerce.

Baca Juga :  Rusli Usulkan Rute Kapal Penumpang Gorontalo-Bunta

“Temu responden ini kami gelar sebagai sebuah talkshow untuk berbagi pengalaman dari pengusaha yang telah sukses di bidang E-Commerce. Kami ingin responden BI dapat mengambil manfaat dari pengalaman tersebut, sehingga dapat membuka akses pasar yang tidak terbatas,” tuturnya.

Sementara itu Wagub Idris Rahim mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Perwakilan BI Gorontalo dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM di Provinsi Gorontalo. Idris mengutarakan, langkah ini sejalan dengan upaya Pemprov Gorontalo dalam menurunkan angka kemiskinan yang saat ini berada pada angka 16,25 persen.

Idris juga mendorong dunia usaha dan pelaku UMKM untuk memanfaatkan E-Commerce untuk menjual produk-produk unggulan daerah dan bersaing di pasar global.

Baca Juga :  Forum Green Investment, Dorong Sinergitas Investasi Kawasan Teluk Tomini

“Kegiatan yang dilakukan oleh BI ini semata-mata untuk mendorong UMKM lebih maju lagi, sehingga kita harapkan UMKM semakin tumbuh dan mampu mendorong peningkatan perekonomian dan menurunkan angka kemiskinan,” tandas Idris.

Pewarta : Haris

263 total views, 1 views today

author

Author: