Susi : Tiga Program Utama KKP

Gorontalo – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiasturi, mengungkapkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diera Pemerintahan Jokowi, fokus pada pelaksanaan tiga program yang menjadi pilar utama dalam pembangunan kelautan dan perikanan, yakni penegakkan kedaulatan wilayah laut Indonesia, pembangunan kelautan yang berkelanjutan, serta peningkatan kesejahteraan nelayan.

Hal ini diungkapkannya pada pertemuan bersama masyarakat dan jajaran Pemerintah Provinsi Gorontalo dan kab/kota, serta stakeholder, di pelabuhan perikanan Inengo Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (14/5).

Dijelaskannya, penegakkan kedaulatan laut di Indonesia sebagai upaya untuk mengembalikan kembali kejayaan maritim Indonesia dan menjadikan Indonesia salah satu negara pelaku ekonomi kelautan dan perikanan terbesar di dunia.

“Di Asia Tenggara kita hanya menempati urutan ketiga, padahal negara kita luasnya lebih dari 70 persen adalah lautan, 17 ribu pulau, 5,8 juta persegi luas lautan. Ini tidak wajar, sungguh ironi dan memalukan, serta kita tidak bisa terima,” kata Susi.

Akibat banyaknya kapal-kapal asing yang mengambil ikan di laut Indonesia, dalam sepuluh tahun terakhir ada 115 pabrik eksportir perikanan di Indonesia yang tutup, sebanyak 1,6 juta keluarga nelayan berkurang tinggal 800 ribu keluarga.

“Aturan kita membolehkan menenggalamkan kapal-kapal asing yang mencuri ikan di laut Indonesia, dan itulah yang ditegakkan oleh KKP yang tentunya didahului dengan pemberitahuan ke negara-negara tetangga. Setelah diberitahu dan masih melanggar, ya kita tenggelamkan,” jelasnya.

Langkah tegas yang diambil KKP dalam menenggelamkan kapal-kapal asing, mulai menunjukkan hasil positif, dimana dalam 1,5 tahun terakhir nilai tukar nelayan sudah merangkak naik dari 102 poin menjadi 110 poin, PDB perikanan pada kuartal terakhir tahun 2015 tercatat sebesar 8,96 yang sebelumnya hanya ada dikisaran 6 sampai 7.

“Satu prestasi baik, dimana sektor lainnya mengalami penurunan. Sektor perikanan juga menyumbangkan deflasi disaaat komiditas lainnya mengalami inflasi,” kata Menteri KP.

Visi kedua KKP dalam mencapai keberlanjutan pembangunan kelautan, Susi menegaskan perlu untuk segera menghentikan penangkapan ikan dengan cara-cara yang merusak lingkungann seperti pemakain trol, bom, dan portas.

286 total views, 2 views today

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply