Survei Awal Pembangunan Bendungan Bulango Ulu, Segera Dimulai

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memberikan arahan pada sosialisasi rencana pembangunan bendungan Bulango Ulu di desa Owata, Kabupaten Bone Bolango, Senin (13/11)

GORONTALO – Sosialisasi rencana pembangunan bendungan Bulango Ulu yang digelar Pemerintah Provinsi Gorontalo di desa Owata, Kabupaten Bone Bolango, Senin (13/11), menghasilkan kesepakatan pelaksaan survei awal pembangunan proyek strategis nasional tersebut akan segera dilaksanakan. Kesepakatan ini diperoleh setelah melalui diskusi panjang dengan masyarakat, termasuk paparan teknis dari pihak konsultan, dan juga arahan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, serta Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango.

“Jadi mulai besok tim konsultan akan mulai bekerja untuk mengumpulkan data awal. Nanti setelah datanya terkumpul akan dikomunikasikan lagi dengan masyarakat,” tegas Wagub Idris Rahim.

Idris mengungkapkan, pendataan yang dilakukan oleh pihak konsultan hanya untuk menentukan kelayakan pembangunan bendungan di Bulango Ulu. Dari data awal itu nantinya akan ada beberapa tahapan lagi yang harus dilalui hingga pembangunan bendungan Bulango Ulu benar-benar dilaksanakan.

“Sosialisasi ini bukan untuk langsung mengerjakan konstruksi bendungan, masih banyak tahapan-tahapannya, diantaranya analisis dampak lingkungan dan Detail Engineering Design (DED). Jadi, tolong beri kesempatan kepada tim konsultan biar semuanya jelas. Lagi pula tidak mungkin pemerintah itu membuat program yang justru menyusahkan rakyatnya, karena tujuan utama kami adalah meningkatkan kesejahteraan bapak ibu sekalian,” ujar Wagub.

Sementara itu Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengajak masyarakat untuk tidak apriori terhadap program pemerintah. Hamim meminta masyarakat untuk memberi kesempatan kepada konsultan untuk melakukan survei awal. Bahkan Hamim mengajak masyarakat untuk sama-sama mendampingi pihak konsultan dalam melakukan survei awal tersebut.

“Pemerintah belum bisa menyahuti aspirasi masyarakat, jika belum ada survei awal. Sehingga itu beri kesempatan konsultan untuk melalukan survei, karena tidak semua lahan ini akan terdampak pembangunan bendungan,” terang Bupati Hamim Pou.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Bone Bolango Kilat Wartabone, yang dengan lantang menyatakan kesediaannya untuk menjadi jaminan dan pembela jika ada pihak yang berbuat sewenang-wenang kepada masyarakat khususnya warga Bulango Ulu.

“Saya ini adalah keturunan Pahlawan Nasional dari Gorontalo, darah saya untuk membela masyarakat. Biarkan dulu kegiatan survei dan pengukuran awal, biar jelas bagi kita apakah pembangunan bendungan ini bermanfaat bagi kita atau tidak. Jika baru tahapan rencana sudah ditolak, kita tidak tahu apa bendungan ini bermanfaat atau tidak,” kata Wabup Bone Bolango.

Sebelumnya dalam paparan teknisnya, pihak konsultan juga sudah memberi jaminan bahwa survei awal yang akan mereka lakukan hanya untuk kepastian data. Pihak konsultan menegaskan, pengumpulan data akan dilakukan secara transparan, dan memberi kesempatan kepada warga masyarakat untuk dapat mengakses data tersebut.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

148 total views, 6 views today

author

Author: 

Leave a Reply