Sungai Bulango Marak Galian C, Gubernur Minta Ditertibkan

Aktivitas galian C di sungai Bulango dengan latar belakang blok plan perkantoran Provinsi Gorontalo di kecamatan Tapa, kabupaten Bone Bolango.

Ada pemandangan yang mengganggu pikiran Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau pekerjaan jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR), Jumat siang (3/11). Saat berada di ujung jalan segmen II tepatnya di kecamatan Tapa, kabupaten Bone Bolango, gubernur terlihat marah dengan banyaknya para penambang batu kerikil (galian C) di sepanjang sungai Bulango.

Setiap berapa meter ada pekerja yang menyedot kerikil dengan menggunakan mesin pompa. Sementara beberapa unit truk juga terlihat terparkir di sepanjang bibir sungai untuk mengangkut material yang disedot penambang.

Aktivitas itu langsung mendapat perhatian gubernur yang meminta agar asisten I Anis Naki untuk memimpin proses penertiban. Ia meminta agar para penambang diperiksa izin pertambangan apakah sudah sesuai aturan atau tidak.

“Pak asisten hari Senin tolong turun bersama dinas terkait untuk menertibkan. Ini kalau dibiarkan terus bisa rusak lingkungan di sini. Coba lihat sungainya sudah tidak beraturan begini, makin lebar tapi airnya sedikit,” kesal Rusli.

Aktivitas galian C di lokasi tersebut cukup menghawatirkan. Selain merusak lingkungan, lokasi galian yang berdekatan dengan blok plan perkantoran provinsi itu dihawatirkan akan berdampak pada rusaknya konstruksi bangunan. Selain itu, di lokasi yang sama rencananya akan dibangun jembatan sebagai bagian dari proyek jalan GORR.

Suasana aktivitas galian C di sungai Bulango, kecamatan Tapa, Bone Bolango.

“Sehingganya saya minta agar segera turunkan tim berkoordinasi dengan Pemkab Bone Bolango. Kalau tidak ada izin, segera ditertibkan. Kalau izinnya ada, kita akan evaluasi lagi boleh tidaknya galian C di lokasi ini,” imbuhnya.

Sebagaimana di ketahui, kecamatan Tapa menjadi ujung dari segmen II pekerjaan jalan GORR. Dari titik tersebut berbelok ke arah kiri rencananya akan menyambungkan jalan GORR tembus ke kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Utara di bagian Utara.

Sementara untuk rute Tapa ke arah kanan, jalan tol sepanjang lebih kurang 45 KM itu mengarah ke kecamatan Botupingge tembus ke wilayah Bone Pesisir kabupaten Bone Bolango. Daerah yang juga berbatasan dengan Sulawesi Utara di bagian Selatan.

116 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply