Sukseskan Pembangunan Daerah, Perguruan Tinggi Wajib Hasilkan SDM Berkualitas

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memberikan sambutan pada wisuda STIA dan STITEK Bina Taruna Gorontalo di Graha Azizah Kota Gorontalo, Rabu (6/12)

GORONTALO – Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis dalam mensukseskan pembangunan daerah melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim dalam sambutannya pada rapat senat terbuka luar biasa dalam rangka wisuda program sarjana Strata Satu (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) dan Sekolah Tinggi Teknik (STITEK) Bina Taruna Gorontalo di gedung graha Azizah Kota Gorontalo, Rabu (5/12).

“Suatu daerah akan berkembang jika perguruan tingginya maju dan berkualitas, sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas,” kata Wagub Idris Rahim.

Guna mewujudkan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi, dan swasta, mutlak dibutuhkan. Idris mengutarakan, pemerintah dengan kebijakan dan programnya akan terlaksana dengan baik jika ditunjang oleh perguruan tinggi melalui riset dan penelitiannya, dan swasta selaku pemilik modal yang nanti akan mengimplementasikan melalui investasi di berbagai sektor pembangunan.

“Inilah yang disebut triple helix, kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi, dan swasta, dalam memajukan pembangunan daerah,” ungkap Wagub.

Pada kesempatan itu Idris mengingatkan kepada para wisudawan untuk terus belajar mengasah kemampuan dan meningkatkan potensi diri. Wagub menuturkan di era globalisasi saat ini, kompetisi semakin terbuka dan hanya orang-orang yang memiliki keahlian dan profesional dibidangnya yang mampu menjadi pemenang dalam persaingan itu.

“Jika adik-adik tidak memiliki keahlian, keterampilan, dan tidak profesional, pasti akan kalah bersaing. Sehingga itu jangan berpuas diri dengan hasil yang dicapai hari ini, teruslah belajar untuk mengembangkan potensi diri,” pesan Idris kepada 166 wisudawan Bina Taruna Gorontalo.

Lebih lanjut Idris berharap, para wisudawan harus mampu menjadi motor penggerak pembangunan di tengah kehidupan bermasyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama masa pendidikan di perguruan tinggi.

“10-20 tahun kedepan para wisudawan ini nantinya yang akan meneruskan pembangunan daerah dan bangsa. Jadilah generasi yang handal dan profesional untuk mewujudkan Gorontalo yang unggul, maju, dan sejahtera,” tandas Idris.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

137 total views, 4 views today

author

Author: 

Leave a Reply