Sosialisasi Fish For Baby : Upaya Peningkatan Gizi Sejak Dini

 

 

Ketua Forikan Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie, saat memberikan bantuan bahan pangan perikanan berupa ikan dan susu untuk ibu hamil dan menyusui melalui kegiatan Sosialisasi Fish For Baby yang sedang dicanangkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo melalui Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan), Rabu, (17/7/2019). (Foto : Andika)

BONE BOLANGO, Humas –  Upaya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo melalui Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan), untuk meningkatkan konsumsi ikan tidak pernah surut. Ini terlihat dari kegiatan yang gencar dilakukan melalui kampanye Gemar Makan Ikan (Gemarikan) ke seluruh lapisan masyarakat. Setelah serangkaian kegiatan mulai dari fish to school, bantuan makan ikan untuk anak-anak panti asuhan, Forikan kembali mulai memprogramkan kegiatan Fish For Baby.

Baca Juga :  Jabatan Asisten 1 dan Kadis Kominfo Diserahterimakan

Kegiatan yang dimulai dari Kabupaten Bone Bolango, khususnya di Kecamatan Kabila, Rabu,(17/7/2019) ini, dilaksanakan bersamaan dengan sosialisasi bantuan bahan pangan perikanan sekaligus penyerahan bantuan kepada ibu-ibu hamil dan menyusui.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Forikan Provinsi Gorontalo Idah Syahidah mengungkapkan ikan sebagai sumber protein sangat relevan dalam mendukung pemerintah meningkatkan kualitas hidup sumber daya manusia (SDM), sebab ikan banyak mengandung vitamin, protein, omega 3 yang dapat mencerdaskan masyarakat khususnya anak-anak.

“Program fish to baby ini sangat bagus sekali. Karena mulai dari mengandung hingga melahirkan ibu-ibu harus mendapatkan gizi. Sehingga anak-anak bisa tumbuh cerdas, tidak terkebelakang, pintar, kuat, dan sehat,” kata Idah

Baca Juga :  Pemprov Gorontalo Gelar Adat "Modepito"

Untuknya istri gubernur gorontalo ini berharap kampanye dan sosialisasi gemar makan ikan melalui fish to baby maupun fish to school seperti ini, dapat memberikan manfaat untuk mewujudkan masyarakat Gorontalo yang gemar makan ikan. Dengan demikian, visi Pemerintah Provinsi Gorontalo mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, handal, dan profesional bisa terwujud.

Sementara itu Karim Muzarab selaku Kepala Bidang PRL dan PDSPKP yang mewakili kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo menjelaskan program Fish To Baby ini merupakan program baru dari DKP di tahun 2019 ini. Sasaran utamanya untuk mencegah stunting dengan merubah pola konsumsi ibu-ibu hamil dan menyusui untuk beralih menkonsumsi ikan sebagai pemenuh gizi dan protein

Baca Juga :  Sekda : Jangan Jadi ASN ‘TERSELUBUNG’

“Hari ini kita mulai dari Kabupaten Bone Bolango, khususnya di Kecamatan Kabila ada sekitar 77 orang ibu ibu hamil dan menyusui yang mendapatkan bantuan dan bantuan ikan ini akan berlangsung setiap bulannya sampai bulan desember,” imbuhnya

Selain Kabupaten Bone Bolango kegiatan dan sosialisasi fish to baby ini dipastikan akan berlangsung diseluruh Kabupaten/Kota lainnya, dengan sasaran daerah-daerah yang kronis yang akan mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk bagaimana mencegah stunting tersebut.

Pewarta : Echin

162 total views, 1 views today

author

Author: