Sinergitas Pemprov Gorontalo dan Forkopimda Bikin Pangdam XIII Terkesan

0
203
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (lima kanan) foto bersama dengan unsur Forkopimda usai makan malam bersama di RM Angelato, Kota Gorontalo, Selasa (25/6/2019). (Foto: Isam-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Sinergitas dan kekompakan yang terbina antara jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) membuat Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang terkesan.

Seperti yang terlihat pada silaturahmi dan makan malam bersama yang digelar di RM Angelato, Kota Gorontalo, Selasa (25/6/2019). Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengundang Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Kapolda Gorontalo Birgjenpol Rachmad Fudail, Kepala BIN Daeng Rosada untuk makan malam.

Kebetulan di hari yang sama Direktur Bela Negara Brigjen TNI Tandyo Budi Revita hadir di Gorontalo. Nampak juga Danrem 133/NW Kolonel Czi Arnold Ritiauw dan Dandim, Letkol Inf. Alan Surya Lesmana serta Danlanal Gorontalo Letkol (L) Tonny Sundah.

“Sinergitasnya di sini bagus yaa. Buktinya gimana? Pemilu berjalan aman, itu kan salah satu bentuk sinergitas kita,” jelas Tiopan.

Secara khusus ia juga mengapresiasi dukungan pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten/kota yang telah mendukung terwujudnya dua satuan baru TNI AD yakni Kodim di Pohuwato dan Gorontalo Utara. Kodim 1314 Gorut baru diresmikan hari ini.

“Pak gubernur sangat proaktif, dulu Kodim hanya satu, sekarang sudah tiga. Pak Gubernur mau minta lagi (Kodim) Bone Bolango, Boalemo dan Kabupaten Gorontalo. Harapan saya mungkin 6 kabupaten/kota di sini 100 persen punya Kodim,” sambungnya.

Artikel Terkait  Gubernur Puji Peran Kapolda Gorontalo Kawal Pembangunan Daerah

Di tempat yang sama, Gubernur Rusli menyebut sinergitas ini sangat penting untuk daerah. Ia menilai hubungan harmonis tidak saja berdampak pada keamanan dan ketertiban daerah, tapi juga menimbulkan ketentraman di masyarakat.

“Kalau kita kompak dan bersinergi, insyaallah rakyat juga menilai baik dan merasa senang. Oh pak gubernur dengan Pangdam bagus, dengan Pak Kapolda bagus. Tapi kalau kita di atas nggak kompak, yang di bawah juga akan goyang,” tuturnya.

Sejak menjabat sebagai Gubernur Gorontalo tahun 2012 lalu, Gubernur Rusli dikenal sangat proaktif membangun sinergitas tidak saja dengan TNI dan Polri, tetapi juga kejaksaan, pengadilan tinggi, BIN, serta instansi vertikal di daerah.

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini