Sinergikan Program Kegiatan, Pemprov Gelar Rakortek

Pembukaan Rakortek Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2017, Hotel Maqna Gorontalo

 

Upaya percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Provinsi Gorontalo, harus didukung dengan perencanaan program kegiatan yang berkualitas dan fokus pada pencapaian tujuan pembangunan. Untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan dan mengoptimalkan sinergi dan sinkronisasi hasil perencanaan teknokratis-birokrasi, Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi teknis (Rakortek) pembangunan tahun 2017 yang digelar di ball room hotel Maqna Kota Gorontalo, Selasa (4/4).

Kepala BAPPEDA Provinsi Gorontalo, Budianto Sidiki dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan Rakortek merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang mengamanatkan bahwa penyelenggaraan musyawarah perencanaan pembangunan daerah dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), merupakan wahana untuk mempertemukan hasil perencanaan teknokratis-birokratis yang dilakukan oleh SKPD Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dan para pemangku kepentingan lainnya.

“Berdasarkan hal itu, maka dilaksanakan Rakortek tingkat Provinsi Gorontalo untuk menyepakati usulan kegiatan antara Pemprov Gorontalo dengan kabupaten/kota,” jelasnya.

Budi mengemukakan, pokok bahasan pada Rakortek ini meliputi penyelarasan usulan Pemerintah Kabupaten/Kota dengan rancangan Rencana Kerja (Renja) SKPD Provinsi terkait lokasi, target, dan anggaran, termasuk penyelarasan program kegiatan yang dibiayai oleh APBN, serta membahas dan menyepakati program prioritas dalam RKPD Tahun 2018.

Kegiatan Rakortek yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Prof. Dr. Ir. Hj. Winarni Monoarfa, MS., diharapkan adanya rekapitulasi kesepakatan program kegiatan yang telah disinergikan, untuk selanjutnya akan disampaikan pada Musrenbangda Provinsi Gorontalo guna memperoleh masukan, koreksi, dan perbaikan akhir yang kemudian akan dirumuskan menjadi rancangan akhir RKPD tahun 2018.

Hadir pada kegiatan tersebut, Plt. Dirjen Bina Bangda Kemendagri RI, pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Gorontalo, para Asisten dan Staf Ahli Setda Provinsi Gorontalo, pimpinan SKPD Provinsi Gorontalo, serta Kepala BAPPEDA Kabupaten/Kota. (Haris/Faisal – Tim Redaksi Humas)

293 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply