Serahkan TKD, Ini Pesan Gubernur ke Camat-Lurah

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyerahkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) kepada para Camat dan Lurah se-Gorontalo, Kamis (15/11).

GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, meminta kepada camat dan lurah agar lebih meningkatkan kinerja, khususnya dalam membantu setiap program yang telah dicanangkan baik dari pemerintah provinsi hingga pemerintah pusat. Ini disampaikan gubernur, saat memberikan sambutan pada kegiatan pembinaan dan penyerahan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) triwulan III, tahun 2017 untuk camat dan lurah se-Provinsi Gorontalo, di gedung Bele Li Mbui, Rabu (15/11).

“Saya minta camat, lurah maupun kepala desa itu selalu membantu semua program yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Bahkan harus selalu tahu bahwa ada pembangunan apa di daerah daerahnya. Jadi itulah tujuanya kenapa pemprov memberikan TKD kepada camat dan lurah,” kata Rusli.

Rusli menambahkan, untuk mencapai sebuah pembangunan yang lebih baik maka pola pikir dari sebuah program harus dirubah. Di mana semua anggaran yang diberikan harus fokus terhadap program. Hal tersebutĀ sesuai dengan instruksi presiden yang disampaikan kepada seluruh pimpinan daerah se Indonesia beberapa waktu lalu.

“Jika nanti program kita jelas, maka pembangunan akan terlihat jadi kita juga bisa menghemat anggaran kita. Jangan terlalu banyak program tapi tidak ada yang tuntas. mulai sekarang kita semua harus berkomitmen bersinergi dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan bahkan ke desa-desa,” tegas gubernur

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berfoto bersama dengan para camat dan lurah usai menyerahkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) Triwulan III di gedung Bele li Mbui, Kamis (15/11).

Gubernur dua periode ini bahkan menegaskan kembali untuk itu kenapa camat dan lurah diberikan TKD agar dapat membantu pemerintah daerah baik provinsi maupun kab/kota. Camat dan lurah harus menjadi corong pemerintah desa, karena berhadapan langsung dengan masyrakat.

“Saya harapkan jika ada masyarakatnya yang mabuk, atau berjudi, atau bahkan ada yang narkoba camat dan lurah harus lebih dulu mengambil tindakan. Jangan hanya diam saja, itu artinya camat lurah dan kepala desa hanya diam tidak ada tindakan. Padahal diberikan TKD karena kinerja kalian dihargai jika tidak bekerja tidak usah di berikan tkd,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut total jumlah TKD yang diserahkan oleh gubernur senilai 722.647.050 juta rupiah. Yang dibagikan kepada seluruh camat dan lurah se Provinsi Gorontalo. Sementara untuk para kepala desa tidak lagi diberi TKD seiring dengan adanya bantuan Dana Desa dari pemerintah pusat.

Pewarta : Ecyhin

Editor : Isam

Foto : Salman

47 total views, 1 views today