Sembilan OPD Provinsi Gorontalo Selesai Tayang RUP 2019

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan), menyaksikan penandatanganan Pakta Integritas pelaksanaan anggaran yang transparan dan akuntabel oleh Komandan Korem 133/Nani Wartabone, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, dan Kepala KPPN Gorontalo, di gedung Belle Li Mbui Kota Gorontalo, Jumat (14/12/2018). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim memberi apresiasi kepada sembilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo yang telah menyelesaikan tayang Rencana Umum Pengadaan (RUP). Sesuai data Sistem Infomasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) tertanggal 13 Desember 2018, sembilan OPD yang telah selesai tayang RUP tersebut yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BAPPPEDA, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Satpol PP dan Linmas, Sekretariat DPRD, Biro Humas dan Protokol, Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi, serta Biro Pengadaan.

Baca Juga :  5 Budaya Gorontalo Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

“Kita maksimalkan akhir tahun ini proses pengadaan barang dan jasa sudah berjalan, sehingga tidak ada stagnasi serapan fisik dan keuangan diawal tahun 2019 nanti,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya pada kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan alokasi dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2019 di gedung Belle Li Mbui, Kota Gorontalo, Jumat (14/12/2018).

Untuk itu Idris menginstruksikan kepada seluruh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) di setiap OPD Pemprov Gorontalo untuk segera melakukan verifikasi dan penayangan RUP dengan pendampingan Biro Pengadaan untuk persiapan kegiatan tahun anggaran 2019.

Sementara itu terkait serapan anggaran Pemprov Gorontalo jelang akhir tahun 2018, untuk realisasi fisik mencapai angka 91,04 persen dan realisasi keuangan pada angka 78,48 persen. Untuk serapan APBD Kabupaten/Kota, realisasi fisik tertinggi saat ini dicapai oleh Kabupaten Bone Bolango pada angka 83 persen dan realisasi keuangan tertinggi oleh Kabupaten Pohuwato pada angka 74,93 persen. Sedangkan untuk realisasi dana APBN di Provinsi Gorontalo sampai dengan akhir bulan November 2018 sebesar Rp4,48 triliun atau 76,33 persen dari pagu anggaran sebesar Rp5,87 persen.

Baca Juga :  Pemprov Berikan Perhatian Penuh Pada Program Keagamaan

Berdasarkan data tersebut, Wagub Idris Rahim menginstruksikan seluruh OPD Pemprov Gorontalo, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan Satker APBN untuk bergerak cepat dan mengendalikan progres penyerapan anggaran maupun tatanan administrasi diakhir tahun 2018.

“Tersisa beberapa hari lagi kita akan mengakhiri tahun anggaran 2018, manfaatkan waktu yang tersisa itu menuntaskan seluruh pekerjaan dan proses administrasinya,” tandasnya.

Pada kegiatan tersebut dilakukan penandatangan pakta integritas tentang komitmen bersama untuk pelaksanaan anggaran yang transparan dan akuntabel antara Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Kepala KPPN Gorontalo, dan Komandan Korem 133/Nani Wartabone, yang turut disaksikan oleh Wagub Idris Rahim.

 

Pewarta : Haris

301 total views, 1 views today

author

Author: