Sektor Pariwisata Bisa Jadi Pendongkrak Ekonomi

Gorontalo – Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo menjelaskan bahwa sektor pariwisata bisa bisa menjadi Leverage ataupun pendongkrak dan penggerak ekonomi yang bisa memberi pengaruh pada tumbuh kembangnya sektor-sektor lain di Provinsi Gorontalo.

Wagub menambahkan bahwa Empat program unggulan pemerintah provinsi Gorontalo saat ini, akan terus dijalankan, namun pemerintah berencana akan menambah dengan Dua program unggulan lainnya yaitu pariwisata dan lingkungan hidup.

“Dua program ini diharapkan bisa membantu penambahan peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Idris Rahim.

Visi pemerintah Provinsi Gorontalo yang tertuang dalam RPJMD 2012-2017 yakni terwujudnya percepatan pembangunan di segala bidang dan peningkatan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan dengan Empat program unggulan yakni pendidikan gratis, kesehatan gratis, pembangunan infrastruktur, dan peningkatan ekonomi kerakyatan, telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca Juga :  PKK Mitra Pemerintah Wujudkan Gorontalo Unggul dan Sejahtera

Atas dasar hal itu, maka Pemerintah Provinsi Gorontalo pada RPJMD periode berikutnya akan terus melanjutkan dan memantapkan Empat Program Unggulan serta akan menambah dengan Dua Program Unggulan lainnya yaitu di sektor pariwisata dan lingkungan hidup.

“Kita membutuhkan sektor yang bisa menjadi pendongkrak berkembangnya sektor-sektor lain, dan pilihannya adalah pariwisata,” ujarnya.

Menurutnya bahwa, jika pariwisata kita maju, maka pasti pelaku UMKM kita sejahtera, usaha kuliner, perhotelan, dan sektor lainnya pun akan terus tumbuh dan berkembang.

Meski demikian, lanjutnya, untuk memajukan sektor pariwisata bukanlah perkara mudah dan permasalahannya pun sangat kompleks, menurutnya, pariwisata tidak hanya menyangkut keindahan alam ataupun kekayaan budaya masyarakat, tetapi yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan yakni menyangkut aksesibilitas ataupun kemudahan menjangkau destinasi wisata, serta keamanan, kenyamanan, dan kebersihan destinasi wisata.

Baca Juga :  Paguyuban Pasundan Diharapkan Terus Berpartisipasi Bangun Gorontalo

“Meskipun demikian, saya optimis dengan sinergitas dan koordinasi kita yang baik, dari tingkat pemerintahan desa atau kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, hingga ke tingkat provinsi, kita pasti bisa mewujudkan sektor pariwisata yang maju,” terang Idris.

360 total views, 1 views today

Berita Terkait

Rusli : Usai Pelantikan, Segera Hilangkan Perbedaa... Gorontalo (17/2)  - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, meminta kepada semua pihak khususnya Bupati dan Wakil Bupati yang baru saja dapat mengajak semua...
Rusli : Jangan Ada Pungli di Bantuan Pemerintah Gorontalo - Gubernur Gorontalo berharap tidak ada laporan dari masyarakat terkait pungutan liar (Pungli) terhadap program bantuan yang sudah digratisk...
Gubernur : Normalisasi Sungai Cepat Teratasi Karen... Gorontalo - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengatakan bahwa, penyelesaian pekerjaan normalisasi sungai Marisa yang ada di Kecamatan Limboto Barat, ...
Wagub Gorontalo Lauching Gaji Non Tunai Gorontalo - Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, melaunching pembayaran gaji tenaga honorer di lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo secara non tunai...
Tags:
author

Author: