Sekdaprov Pimpin Aksi Bersih Pantai dan Laut Gorontalo

Pj. Sekdaprov Gorontalo Anis Naki (tengah) memimpin aksi bersih pantai dan laut Gorontalo, di Pantai Tamboo Kecamatan Dumbo Raya, Minggu (19/8/2018). Bersih-bersih pantai ini merupakan gerakan nasional yang bertajuk “Gerakan Menghadap Laut” yang digagas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan. (foto : Alfred-Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Anis Naki memimpin aksi bersih pantai dan laut Gorontalo, di Pantai Tamboo Kecamatan Dumbo Raya, Minggu (19/8/2018).

Bersih-bersih pantai ini merupakan gerakan nasional yang bertajuk “Gerakan Menghadap Laut” yang digagas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hari ini secara serentak di seluruh Indonesia pada jam yang sama dilakukan bersih-bersih pantai dari Sabang sampai Merauke.

Baca Juga :  Gubernur: Ini Sejarah untuk Gorontalo

“Ada 73 titik di seluruh Indonesia dilaksanakan bersih-bersih pantai seperti ini dan Gorontalo salah satu dari 73 titik yang menjadi gerakan bersih-bersih pantai yang dikemas dalam Pandu Laut Nusantara, dan Aksi ini juga dalam rangka memperingati HUT ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Anis.

Anis mengatakan kegiatan yang kita lakukan hari ini merupakan perhatian sungguh-sungguh kita kepada laut untuk mengurangi jumlah sampah yang berada dipesisir laut.

“Menjaga laut bukan saja urusan pemerintah tapi menjadi tugas bersama termasuk masyarakat,” imbuhnya.

Sesuai hasil survey Universitas of Georgia, Indonesia termasuk 10 negara besar di dunia penyumbang sampah plastik di laut. Diperkirakan tahun 2025 nanti, sudah 70 persen sampah laut itu merupakan sumbangsih dari kita sehingga kalau kita tidak lakukan pencegahan maka ini akan menjadi bencana bagi kita semua.

Baca Juga :  Pemprov Gelar Rapat Forkopimda Jelang Ramadhan

Anis berharap gerakan ini bukan hanya dilakukan hari ini, tetapi melalui peran Dinas Kelautan dan Perikanan harus rutin kita lakukan satu bulan satu kali.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo, Sutrisno mengatakan gerakan menghadap laut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada seluruh komponen untuk lebih mencintai dan menjaga laut.

Pj. Sekdaprov (empat kiri) bersama para peserta Aksi bersih-bersih laut menghadap ke laut. Sambil memandang laut, mereka menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Padamu Negeri (foto : Nova – Humas)

“Dengan semangat kebaharian kita wujudkan laut berseri, laut yang bersih dan sehat. Ketika lautnya tidak tercemar, terumbu karang terjaga, ekosistemnya terjaga nantinya akan berdampak pada pendapatan nelayan itu sendiri,” ujar Sutrisno.

Baca Juga :  Rusli Hadiri Carnival Seni Budaya Etnis Jawa-Bali

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian sedekah tempat sampah di pesisir pantai, sedekah ikan untuk kaum duafa, sedekah kaca mata selam untuk anak-anak pesisir dan penyerahan bantuan dari baznas sebanyak 250 orang, pasar murah, dan pelayanan kesehatan gratis.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Kepala Baznas, para pengusaha perikanan, komunitas pencinta laut, komunitas penyelam Gorontalo, dan pemerhati laut manca negara.

Pewarta : Nova
Editor : Asriani

343 total views, 4 views today

Tags:
author

Author: