Sekdaprov Lepas Siswa PKL SMKN 5 Gorontalo

Sekertaris daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, saat menyamatkan tanda peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa siswa SMK N 5 Kota Gorontalo. Peserta Prakerin yang dilepas Darda dalam kesempatan tersebut berjumlah 134 siswa yang terdiri dari 4 jurusan yakni Teknik Elektronika Industri, RPL, TKJ, dan Akuntasi. Penyamatan tanda peserta ini ditandai dengan upacara bendera sekaligus upacara pelepasan yang berlangsung di halaman SMK 5 Kota Gorontalo, Senin (7/1/2019). (Foto – Echin)

Kota Gorontalo, Humas – Sekertaris daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, secara resmi melepas peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL), SMK Negeri 5 Kota Gorontalo. Pelepasan ini ditandai dengan upacara bendera sekaligus upacara pemberangkatan yang dipimpin oleh Darda, di halaman SMK 5 Kota Gorontalo, Senin, (7/1/2019).

Baca Juga :  Realisasi Fisik Pemprov Gorontalo Lebihi Target, Gubernur Belum Puas

Dalam arahannya Sekda mengungkapkan, PKL sejatinya merupakan kegiatan pembelajaran untuk menerapkan, memantapkan dan meningkatkan kompetensi peserta didik di dunia kerja. Untuknya proses pembelajaran ini diselenggarakan denga berbasis aktivitas secara interaktif, inspiratif menyenangkan dan memotifasi peserta didik.

“Alhamdulillah PKL seperti ini hanya ada di SMK SMK, ini membuktikan SMK bisa. Kebetulan juga jurusan-jurusan yang ada disini memang betul-betul jurusan yang mendukung zaman revolusi 4.0 dimasa yang akan datang,” kata Darda

Mantan Kadis PU ini menambahkan, PKL ini juga dinili sangat penting karena proses pembelajarannya dapat memberikan ruang dalam berkembangnya keterampilan di abad 21 yaitu kreatif, befikir kritis, penyelesaian masalah, kaloborasi dan komunikasi

Darda Daraba di dampingi Ketua Kwarda Pramuka Gorontalo Idah Syahidah dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ramlah Habibie, berfoto bersama usai peyelenggaraan upacara pelepasan peserta Praktek Kerja Lapangan untuk siswa siswi kelas XI SMK N 5 Kota Gorontalo. (Foto – Echin)

“Skil kalian akan di uji disini. Kalian harus menerapkan etika yang bagus, tata cara berkomunikasi, bersosialisasi secara nyata di dunia kerja dan tentunya menghasilkan etika kerja. Jadi ini adalah kesempatan kalian, memahami bagaimana dunia kerja dan dunia industri itu,” tandanysa.

Baca Juga :  Pemprov Gorontalo Optimis Capai 30.000 Wisman Melalui Stimulus Package

Para siswa kelas XI yang  mulai mengikuti prakerin pada tanggal 7 Januari 2019 tersebut berjumlah 134 siswa yang terdiri dari empat jurusan yakni Teknik Elektronika Industri, RPL, TKJ, dan Akuntasi. PKL ini akan berlangsung selama 6 bulan kedepan yang di bagi dalam dua tahap yakni 3 bulan pertama dan 3 bulan selanjutnya. Peserta prakerin disebar di tiga daerah yakni Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango. Sementara untuk jurusan  Teknik Elektronika Industri peserta prakerin disebar sampai ke Manado.

Pewarta : Echin

276 total views, 3 views today

author

Author: