Sekdaprov Buka Kampung Ramadan

Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba memberikan sambutan pada pembukaan Kampung Ramadan yang bertempat di TC Hotel Dumhil UNG Gorontalo, Sabtu (11/5/2019). (Foto: Adri – Radio RH)

KOTA GORONTALO, Humas – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba meresmikan pembukaan Kampung Ramadan yang berlokasi di TC Damhil UNG Gorontalo, Sabtu (11/5/2019). Peresmian ditandai dengan pemukulan bedug dan pemasangan kembang api.

Darda Daraba yang mewakili Gubernur Gorontalo memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo yang bekerja sama dengan TC Damhil UNG, karena Kampung Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun lalu di tempat-tempat terbuka, kali ini dialihkan ke dalam gedung hotel.

Baca Juga :  Humas Gorontalo Teraktif Nasional Pengelolaan Informasi Publik

“Selain bisa memperindah Kampung Ramadan yang sebelumnya tersebar di berbagai tempat, juga bisa memberikan rasa nyaman kepada pengunjung,” kata sekda.

Sekda berharap Kampung Ramadan lebih ditingkatkan setiap tahunnya dengan tujuan sebagai pasar rakyat dan pemberdayaan UKM, juga sebagai salah satu upaya untuk menekan laju inflasi selama Ramadan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Nancy Lahay mengatakan Kampung Ramadan ini digelar untuk mengangkat nilai sosial, ekonomi dan edukasi.

Nancy menuturkan, dari nilai sosial, kami ingin berbagi dengan anak yatim. Lalu nilai ekonominya, semua UKM yang ada di Gorontalo kami ajak kesini untuk menjual produknya seperti kue untuk buka puasa, sembako sampai kebutuhan menjelang lebaran, agar yang datang kesini selain untuk berbuka, ada juga yang bisa belanja dan otomatis ada pertumbuhan ekonomi. Dari sisi edukasi lanjut Nancy, ingin mengajak anak-anak yatim untuk melihat hotel lebih dekat dan apa saja yang ada di dalam hotel.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan, Bahan Pokok, BBM dan Gas Dipantau

Ia menjelaskan, Kampung Ramadan turut mengkampanyekan go green dengan meminimalisir sampah plastik yang ada selama pelaksanaan kegiatan.

“Hari ini kita mulai memberikan contoh edukasi pada buka puasa bersama ini dengan tidak menyediakan air mineral kemasan. Masyarakat bisa mengambil air minum yang sudah disediakan di dalam gelas,” ujar Nancy.

Kampung Ramadan akan berlangsung mulai tanggal 11 Mei sampai dengan 2 Juni 2019 dengan memberikan tempat gratis bagi yang ingin berjualan.

Pewarta : Nova
Editor : Asriani

213 total views, 3 views today

Rate this article!