Sekda Harap Pengelola Data OPD Lebih Kuasai IT

Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba (tengah) didampingi Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo Rifli Katili (kanan) memberikan sambutan saat membuka rapat Monitoring Evaluasi Kinerja Sektoral Dalam Pencapain Target RPJMD, Jumat (14/12/2018) di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo. (foto : Andika-Humas)

Kota Gorontalo, Humas – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba berharap para pengelola data yang ada dimasing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah) harus lebih menguasai informasi dan teknologi (IT) yang ada. Harapan ini disampaikannya saat membuka R\rapat Monitoring Evaluasi Kinerja Sektoral Dalam Pencapain Target RPJMD, Jumat (14/12/2018) di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo.

Sekda mengutarakan, kemajuan informasi dan teknologi di jaman sekarang sepatutnya dapat dimanfaatkan oleh para pengelola data di setiap OPD. Apalagi saat ini telah memasuki revolusi industry 4.0, yang ditandai dengan kemunculan super komputer, editing genetic dan perkembangan neuro teknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak.

Baca Juga :  Pelajar dan Guru Diingatkan Untuk Tidak Merokok

Lebih lanjut Sekda menyampaikan, sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah, yang menyebutkan dalam rangka pengelolaan dan pemanfaatan data dan informasi secara optimal, daerah perlu membangun system informasi perencanaan pembangunan daerah.

“ Hal ini menjadi konsekuensi logis untuk pengembangan suatu sistem informasi dalam ranah perencanaan pembangunan daerah,” jelas Darda.

Mekanisme pelaporan kata Sekda, yang sudah terlaksana dari tingkat OPD melalui laporan para penginput data sektor OPD, diharapkan terus berjalan secara kontinyu dalam terus berada pantauan pimpinan OPD dalam rangka pengukuran capain kinerja sektor secara berkesinambungan.

Melalui kesempatan itu pula, Sekda memberikan apresiasi kepada Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo serta Bapppeda Provinsi Gorontalo yang telah menyelenggarakan pertemuan tersebut. Diharapkan kegiatan tersebut memberi manfaat dalam rangka mengoptimalkan kinerja institusi serta memajukan provinsi Gorontalo dan masyarakat secara berkeadilan,pungkas Darda.

Baca Juga :  Pj. Gubernur Lantik Pengda FKTI Provinsi Gorontalo

Sebelumnya Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo Fatma Biki mengatakan,  rapat tersebut bertujuan antara lain : untuk mensinkronkan tahapan perencanaan yang mengukur kinerja sektoral terkait pencapain target-target RPJMD (2012-2017) dan untuk mengukur kinerja sektoral OPD selama waktu lima tahun terakhir dengan indikator yakni OPD yang tidak mengalami progress atau stagnan terhadap target RPJMD, OPD yang mengalami kenaikan terhadap target yang ada dalam RPJMD serta OPD yang berada dibawah target RPJMD.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo Rifli Katili, Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo serta pejabat eselon III dan IV dilingkungan Dinas Kominfo Statistik Provinsi Gorontalo dan Bapppeda Provinsi Gorontalo.

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo Resmikan Program Kewirausahaan Siswa SMA

Pewarta : Burhan

260 total views, 1 views today

author

Author: