Satpol PP, Linmas Dan Damkar Siap Kawal Pilkada Serentak

Pemeriksaan Pasukan oleh Wagub Gorontalo H. Idris Rahim selaku inspektur upacara peringatan HUT ke-68 Satpol PP, HUT ke-56 Satlinmas, dan HUT ke-99 Damkar, tingkat Provinsi Gorontalo di lapangan alun-alun desa Moutong Kab. Bone Bolango, Kamis (12/4)

GORONTALO – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-56 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan HUT ke-99 Pemadam Kebakaran (Damkar) tahun 2018, bersamaan dengan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 171 daerah yang meliputi 17 provinsi dan 154 kabupaten/kota. Untuk itu tema yang diangkat dalam rangka memperingati HUT ketiga satuan tersebut adalah “Satpol PP, Satlinmas dan Damkar siap mengawal pilkada serentak 2018”.

Baca Juga :  Zudan : Sambut Tahun Baru Tanpa Pesta Kembang Api

“Tugas dan fungsi Satpol PP, Satlinmas dan Damkar memiliki relevansi dengan pelaksanaan pilkada 2018, yaitu membantu mewujudkan ketentraman masyarakat, ketertiban umum dan keamanan lingkungan,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri pada upacara peringatan HUT ke-68 Satpol PP yang dirangkaikan dengan HUT ke-56 Satlinmas dan HUT ke-99 Damkar tingkat Provinsi Gorontalo di lapangan alun-alun desa Moutong Kabupaten Bone Bolango, Kamis (12/4).

Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas harus senantiasa siap siaga dalam mengantisipasi potensi gangguan terhadap ketertiban dan ketentraman masyarakat yang cenderung meningkat pada setiap tahapan penyelenggaraan pilkada. Guna mengantisipasi kondisi tersebut, Idris mengemukakan pentingnya untuk melakukan koodinasi, integrasi dan sinkronisasi dengan penyelenggara pilkada, TNI dan Polri, serta instansi terkait lainnya.

Baca Juga :  Beri Kuliah Umum, Gubernur Dorong Gerakan Kepedulian

“Personil Satpol PP, Satlinmas dan Damkar harus menyiapkan diri sejak dini untuk mengawal pilkada serentak dengan melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan seluruh instansi terkait,” tutur Wagub.

Diakhir kegiatan itu personil Satpol PP menunjukkan kemampuannya melakukan aksi beladiri karate, masing-masing oleh Satpol PP Kabupaten Boalemo dan Gorontalo Utara. Juga ada simulasi pemandaman kebakaran oleh gabungan Damkar provinsi dan kabupaten/kota.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

386 total views, 1 views today

author

Author: