Safari Ramadan, Gubernur Gorontalo Bagi Bantuan 18,3 M

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) didampingi Ketua TP PKK Idah Syahidah (kanan) menyerahkan bantuan kepada warga Kabupaten Pohuwato saat menggelar Safari Ramadan di daerah tersebut, Kamis (24/05/2018). Selain menyerahkan bantuan pertanian senilai 18,3 Milyar Rupiah, kegiatan itu juga diisi dengan pasar murah dan pelayanan kesehatan gratis. (Foto: Salman-Humas).

POHUWATO, Humas – Pasca kembali dari tugas luar daerah, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beserta jajaran pemerintah Provinsi Gorontalo memulai kegiatan safari Ramadan ke Kabupaten/Kota, Kamis (24/5/2018). Tujuan pertama safari Ramadan dimulai dari Kabupaten Pohuwato di ujung barat Gorontalo.

Tidak tanggung-tanggung, pada kegiatan yang dirangkaikan dengan bakti sosial tersebut Gubernur Gorontalo menyerahkan berbagai bantuan dengan total sebesar 18,3 Milyar Rupiah.

Baca Juga :  Seleksi Atlet Tenis Pra PON, Sekda : Target Saya Tidak Tinggi

Bantuan tersebut terdiri dari bibit kelapa seluas 26 Hektare dan handsprayer, sarana produksi cabe rawit senilai 115 Juta Rupiah, bantuan kawasan jeruk senilai 129 Juta Rupah, bantuan gudang pasca panen bawang merah 175 Juta, serta bantuan untuk ternak sapi bagi 3 kelompok di Kecamatan Randangan.

Ada pula bantuan untuk cetak sawah baru 29,8 Juta Rupiah, benih padi ladang senilai 422 Juta serta bantuan benih kedelai untuk 2086 Hektar senilai lebih dari 1,9 Milyar Rupiah. Bagi 1000 warga yang hadir juga menerima santunan dari Baznas senilai 100 Ribu Rupiah setiap orangnya.

“Semua bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah provinsi untuk membantu para petani khususnya yang berada di Kabupaten Pohuwato,” kata Rusli yang didampingi istri Idah Syahidah.

Baca Juga :  Temui KKI, Wagub Perjuangkan Pembentukan Fakultas Kedokteran UNG

Lebih lanjut kata Rusli, pihaknya berharap warga miskin yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan agar segera mengurus ke kantor Dinas Kesehatan terdekat. Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah provinsi untuk mewujudkan jaminan kesehatan menyeluruh bagi semua warga.

“Kemarin saya baru menerima penghargaan kesehatan dari pak Presiden Jokowi. Beliau berpesan agar pemimpin di daerah selalu melayani masyarakat, termasuk masalah kesehatan. Jadi masyarakat yang kurang mampu yang lagi sakit tidak usah khawatir untuk berobat di Puskesmas dan rumah sakit terdekat secara gratis,” imbuh mantan Bupati Gorontalo Utara itu.

Selain menyerahkan beragam bantuan, pemprov juga menggelar bazar dan pasar murah bagi warga. Berbagai kebutuhan bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, telur dan bawang merah dijual dengan harga sangat murah.

Baca Juga :  Gorontalo Bentuk Satgas Pangan Selama Ramadhan

Kegiatan yang dipusatkan di Kantor Camat Randangan itu juga diisi dengan buka puasa bersama dan shalat Magrib berjamaah. Safari Ramadan diakhiri dengan shalat Isya dan Taraweh berjamaah di masjid kecamatan. Bantuan rehabilitasi rumah ibadah senilai 5 Juta Rupiah turut diserahkan Rusli Habibie.

Pewarta: Burhan

Editor: Isam

374 total views, 1 views today

author

Author: