Rusli Terus Bangun Usaha Produktif Nelayan

Gorontalo – Setelah sukses menjadikan Kabupaten Pohuwato sebagai pusat pengembangan udang vannamei. Kini Gubernur Rusli Habibie melirik kabupaten gorontalo utara (gorut) untuk dikembangkan budidaya udang vannamei.

Sebelumnya, pada saat Gubernur memberikan sambutan pada peninjauan pembangunan Balai Benih Udang (BBU) Paguat mendorong petani untuk membudidayakan udang vannamei karena nilai ekonominya tinggi.

”udang vannamei ini memiliki daya tarik tersendiri, sebab diyakini berkembang dalam ondisi organik atau bebas dari bahan kimia sehingga peluang masuk pasar internasional besar”. Ujarnya.

Jika tak ada halangan  Senin (20/7), gubernur Rusli Habibie akan ke Gorut untuk mencanangkan Kampung Vannamei (KAVE), sama halnya seperti “Kave” yang sudah pernah dicanangkan di Kabupaten pohuwato.

Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo Sutrisno, menyatakan bahwa rencananya pada kegiatan pencanangan ini gubernur akan menebar 100.000 ekor benur vannaemei pada tambak plastik (BUSMETIK) yang memiliki luas ± 1000 m2 atau 0.1 H.

Selain penebaran benur vannamei, juga ada penyerahan beberapa paket bantuan secara simbolis antara lain penyerahan paket sarana produksi budidaya air payau untuk 3 kelompok pembudidaya berupa (pompa air, pupuk,benur, probiotik dan saponin), paket kebun bibit rumput laut serta sarana pemasaran ikan berupa motor bercool box tandasnya. (KBRH/Yanto)

235 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply