Rusli : Tak Ada Program Seratus Hari, Kita Langsung Bekerja

Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim menuju lokasi pelantikan di Istana Negara, Jakarta

 

JAKARTA – Usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/5) siang, Gubernur Rusli Habibie menegaskan, dirinya bersama Wakil Gubernur Idris Rahim akan segera melakukan action dan bekerja untuk menyelesaikan program-program yang belum tuntas pada periode pertama pemerintahan NKRI (Nyata Karya Rusli-Idris).

“Kami tidak punya program 100 hari. Hari ini juga kami akan langsung bekerja menyelesaikan program yang belum tuntas pada periode pertama,” tegas Rusli.

Sebagai petahana yang masih mendapat kepercayaan dari masyarakat Gorontalo, Rusli menjelaskan, Pemerintah Provinsi Gorontalo dibawah kepemimpinannya akan fokus pada pelaksanaan empat program unggulan yang telah dilaksanakan pada periode pertama, yakni pendidikan gratis, kesehatan gratis, infrastruktur, dan ekonomi kerakyatan. Pada periode kedua, keempat program unggulan tersebut akan ditambah dengan empat program unggulan baru, yakni pariwisata, lingkungan hidup, pemerintahan, serta agama dan budaya.

Di sektor pendidikan, program pendidikan gratis yang pada periode pertama baru menjangkau jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA, pada masa jabatan kedua ini akan ditingkatkan dengan pemberian beasiswa untuk jenjang pendidikan perguruan tinggi. Rusli mengatakan, banyak putra-putri Gorontalo yang cerdas tetapi gagal melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi disebabkan oleh faktor biaya.

“Kita akan berikan beasiswa dan kuliah gratis. Kita arahkan kuliahnya pada jurusan yang benar-benar dibutuhkan oleh pasar,” terang Gubernur.

Lebih lanjut kata Rusli, untuk sektor kesehatan, Pemerintah Provinsi Gorontalo akan fokus pada penyelesaian pembangunan rumah sakit provinsi dr. Hasri Ainun Habibie. Rumah sakit ini nantinya akan menjadi rumah sakit rujukan berkualitas dengan tipe B di Provinsi Gorontalo. Dijelaskannya, rumah sakit provinsi akan menampung seluruh masyarakat kurang mampu dengan pelayan berbasis KTP.

“Banyak masyarakat kita yang kurang mampu belum memiliki kartu BPJS ataupun Jamkesta. Kedepan, cukup dengan KTP saja mereka sudah bisa mendapatkan pelayanan di rumah sakit ini,” jelas Rusli.

Di bidang infrastruktur, Rusli menuturkan, Pemerintah Provinsi Gorontalo akan menuntaskan mega proyek infrastruktur, diantaranya revitalisasi danau Limboto, GORR, bendung Randangan, dan pembangunan waduk Bone Hulu, dan beberapa pembangunan infrastruktur lainnya.

“Kita juga akan fokus pada lingkungan hidup, termasuk memberantas narkoba dan miras. Kita akan bersinergi dengan TNI, Polri, tokoh masyarakat, dan tokoh agama, untuk suksesnya program-program tersebut,” pungkas Gubernur Rusli Habibie.

Penulis/Editor : Haris
Fotografer : Haris

1,803 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply