Rusli : Segera Bentuk Koperasi Petani Udang Vaname

Gorontalo – Keinginan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, dalam mengembangkan pendapatan ekonomi masyarakat, khususnya petani tambak Udang Vaname, dibarengi juga dengan cara bagaimana petani ini bisa dilindungi.

“kepada dinas terkait, segera bantu mereka, untuk membentuk “Koperasi Vaname”, nanti saya akan bantu untuk modal awal,” Kata Rusli Habibie, Sabtu.

Gubernur menjelaskan bahwa, keinginanya, petani tambak ini memiliki koperasi, agar ketika petani tambak ini butuh sesuatu sebelum waktu panen tiba, mereka bisa meminjam di koperasi.

Pihaknya tidak ingin, petani tambak dikampung Vaname tersebut, meminjam uang dari para tengkulak, yang akan berakibat pada pengambilan harga udang akan sangat rendah.

“Ini jelas akan sangat merugikan petani tambak, dan saya tidak ingin itu terjadi,” ujarnya.

Selain itu, Rusli juga berharap agar camat serta kepala desa untuk tidak memproses jual beli lahan, kepada orang yang bukan orang daerah sekitar, lahan tempat pembudidayaan Udang Vaname ini harus dikuasai oleh masyarakat yang ada didesa ini.

“saya berharap, masyarakat disini menguasai semua lahan, untuk pembudidayaan dan jangan biarkan kesempatan usaha ini dikuasai oleh orang yang berduit saja,” pinta Rusli.

273 total views, 1 views today

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply