Rusli : Sebaran Guru Harus Sesuai Kebutuhan Sekolah

Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, meminta kepada Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo, agar melakukan penyebaran guru sesuai dengan kebutuhan sekolah.

“Perlu ada pemetaan kebutuhan guru di setiap sekolah, jangan sampai ada sekolah yang kekurangan guru di bidang akademik tertentu,” kata Rusli Habibie.

Rusli Habibie menjelaskan, seperti saat ia  menjumpai beberapa sekolah, khususnya sekolah yang ada di pedalaman atau di desa-desa, masih ada guru yang merangkap mata pelajaran, sehingga target pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan akan berjalan lambat.

Seperti contoh, jika sekolah tersebut kekurangan guru matematika, maka guru yang punya kompetensi dibidang itu yang harus ditempatkan di sekolah tersebut.

“Tidak boleh guru-guru hanya terfokus pada satu sekolah unggulan saja, sementara sekolah pinggiran kekurangan guru,” ujarnya.

Karena itu, ia berharap Dikbudpora   Provinsi Gorontalo dapat berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten atau kota, agar dapat memperhatikan sebaran guru, dan ada evaluasinya.

“Soal pendidikan saya tidak main-main, itulah kenapa dari empat program unggulan pemerintah Provinsi Gorontalo, pendidikanlah yang saya dahulukan,” jelasnya.

Apalagi saat ini menurut Rusli Habibie, dengan beralihnya sekolah tingkat SMA/SMK dan MA sederajat menjadi kewenangan provinsi, maka sebaran serta kebutuhan sekolah dan fasilitas sekolah diupayakan akan disamaratakan, sehingga tidak ada lagi perbedaan. (brh)

255 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply