Rusli : Petani Padi Akan Dapat Asuransi

Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengatakan bahwa, kedepan petani khususnya petani Padi akan mendapatkan asuransi, untuk mengatasi gagal panen.

“saat ketemu dengan Menteri Pertanian, saya telah menyampaikan beberapa hal termasuk soal asuransi kepada petani, dan Alhamdulilaah mendapat apresiasi,” Kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Gubernur menambahkan bahwa, terobosan ini sangat bagus, sebab jika dilihat dari sisi produktifitas petani akan sangat menguntungkan petani itu sendiri.

Ia mengambarkan, bahwa saat ini jika musim tanam tiba, petani padi ini, sudah melakukan pinjaman dimana-mana, untuk biaya pengolahan sawah, untuk beli bibit, pupuk dan kebutuhan lainya.

Kebanyakan dari Petani padi ini, lanjut Rusli, mereka ini sudah hutang kepada tengkulak, atau pemilik penggilingan padi, untuk biaya saat  musim tanam tiba, dan ini akan merugikan mereka.

” nah jika mereka gagal panen, maka hutang mereka tetap harus dibayar sehingga saat masuk musim tanam selanjutnya, mereka sudah pasti terbebani,” Kata Rusli Habibie.

Gubernur menambahkan bahwa pihkanya sudah setuju dengan konsep Satu hektar lahan pertanian, mereka cukup membayar premi sebesar Rp36 Ribu, apabila mereka menerima bantuan subsidi dari pemerintah, dan apabila mereka gagal panen maka akan mendapatkan pertanggungan sebesar Rp6 Juta perhaktar.

Gubernur juga berharap agar petani jagung dan lainya untuk bersabar, sebab konsep ini baru akan diberikan kepada petani padi, karena petani padi ini sangat riskan dengan gagal panen.

” diantaranya dikarenakan kekurangan air akibat musim kemarau, hama tanaman, dan lainya,” Tutup Rusli Habibie.

330 total views, 1 views today

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply