Rusli Optimis Bisa Produksi 400 ribu Hektare Jagung

Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, menerima tantangan dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman, optimis bisa meningkatkan luas lahan produksi Jagung Gorontalo seluas 400.000 Hektare (Ha).

Gubernur menjelaskan bahwa, terkait dengan permintaan Mentan tersebut bisa dipenuhi dengan beberapa ketentua yaitu pemerintah pusat bisa memberikan bibit Jagung secara gratis, pupuk, sertan alat dan mesin pertanian (Alsintan).

“Tak kalah penting juga, pemerintah pusat juga harus terus menjamin harga dan daya beli Jagung,” Kata Rusli Habibie.

Menurutnya bahwa, kalau semua itu dilakukan oleh pemerintah, pihaknya menjamin produksi Jagung petani juga bisa bertambah.

Namun terkadang yang jadi persoalan setiap kali panen raya harga jagung selalu anjlok, tapi kalau tidak musim panen, harga Jagung cukup bagus berkisar antara Rp3.500 sampai Rp3.700 per Kilogramnya.

“saat ini luas lahan produksi Jagung hampir 200.000 Ha, dan bantuan benih Jagung dari pemerintah pusat untuk luas lahan 100.000 Ha,”ujarnya.

Pihaknya optimis bisa memenuhi target tersebut, dimana langkah yang tak kalah penting yang akan dilakukanya adalah menyeragamkan tujuan mulai dari pemerintah provinsi hingga aparat desa untuk menggenjot dan memberdayakan petani Jagung.

Sementara itu Mentan Amran Sulaiman menjelaskan bahwa, ini merupakan sejar baru bagi Gorontalo yang bisa memproduski Jagung hampir 200.000 Ha, yang bisa mencapai 1 Juta Ton Jagung.

“Tahun depan harus bisa produksi 400.000 Ha Jagung dengan bantuan benih dari pusat untuk 200.000 ha,”ujar Mentan.

318 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply