Pemprov Kembali Sediakan Mudik Gratis Lebaran

Berita-rh.com – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo kembali menyediakan mudik gratis untuk warga Gorontalo di tanah rantau.

Rusli menjelaskan, untuk tahun ini, mudik gratis ditujukan kepada masyarakat Gorontalo yang berada di Jakarta, Jawa Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

“Tahun lalu, daerah Sulawesi sudah pernah, jadi tahun ini gantian lagi,” kata Rusli Habibie.

Ia menambahkan, nantinya masyarakat di daerah yang ditetapkan tersebut, dapat berkoordinasi dengan Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) atau Lamahu Gorontalo. Sebab, KKIG dan Lamahu  yang akan mengkoordinir nanti.

“Untuk transportasi mereka semuanya sudah disiapkan, hingga mereka tiba di Gorontalo,” ujarnya.

Kriteria pemudik gratis ini yaitu, warga yang kurang mampu dan tidak mempunyai mata pencaharian tetap, serta sudah lebih dari lima tahun tidak kembali dan berlebaran dengan keluarga di Gorontalo.

“Saya berharap program ini dapat berlanjut ditahun-tahun selanjutnya, sebab mereka yang ada dirantau ada bagian dari keluarga kita,” ujarnya.

Pada tahun sebelumnya sejak Provinsi Gorontalo terbentuk 13 tahun lalu, untuk pertama kalinya tahun 2014 Pemprov Gorontalo melaksanakan kegiatan mudik gratis.

Pada tahun pertama pelaksanaan program tersebut, diawali dari daerah-daerah terdekat, seperti Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. (b-rh).

473 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply