Rumah Mahyani untuk Korban Kebakaran di Isimu

Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie spontan mengunjungi dan memberikan bantuan kepada keluarga Adam Muhammad (40), warga Isimu, Kabupaten Gorontalo, yang menjadi korban kebakaran rumah, Senin malam (1/8)

Rusli Habibie sedianya hanya berencana menghadiri kegiatan halal bi halal bersama Rema Muda, Ikatan Majlis Taklim Ar Riyaada  dan masyarakat Dusun Basulapa, Desa Badahu, Tibawa, Kabupaten Gorontalo. Namun, seketika membelokkan tujuannya terlebih dahulu, menuju lokasi kebakaran di Desa Isimu Selatan, belakang komplek  Masjid Istiqomah.

“Saya baru tiba di Gorontalo tadi pagi (kemarin, red), dan ketika sore menjelang malam hari, saya mendapatkan kabar bahwa telah terjadi kebakaran yang menghanguskan sebuah rumah, beserta harta bendanya. Saya langsung inisiatif datang kesini untuk bertemu dengan korban kebakaran. Saya ikut berduka, karena ternyata harta benda yang tersisa hanya baju yang melekat di badan mereka. Semoga semua tabah, ikhlas menerima ujian ini. Serta optimis untuk bangkit kembali,” kata Rusli Habibie, saat berada di lokasi kebakaran.

Saat berada di lokasi kebakaran, Rusli Habibie atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo langsung memberikan bantuan berupa uang dan peralatan dapur yang disalurkan oleh Dinas Sosial Pemprov Gorontalo. Serta langsung menelpon Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa Tertinggal (BPM-PDT) Pemprov Gorontalo, Slamet Bakri, untuk segera memberikan bantuan rumah layak huni beserta fasilitas MCK dan listrik. Agar keluarga Adam Muhammad kembali bisa tinggal di rumah yang nyaman.

“Rumah Mahyani ini adalah bagian dari program Pemprov Gorontalo untuk masyarakat, agar hidup lebih nyaman. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada warga, tokoh dan mahasiswa yang juga telah memberikan bantuan kepada keluarga korban. Penyebaran informasi melalui media sosial yang disebar sangat efektif untuk membangun kesetiakawanan sosial kita untuk saling membantu,” tutur Rusli Habibie.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemprov Gorontalo Notje Lakadjo mengatakan, bantuan yang diberikan pada malam tersebut berupa, seperangkat alat masak, terpal, matras, makanan, beras satu karung, mie instan dan bantuan lainnya. Bantuan tersebut menurutnya, adalah bantuan darurat sosial kebakaran.

“Pak Gubernur juga langsung memberikan bantuan uang yang langsung diserahkan kepada korban. Sebelumnya juga sudah diberikan bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo, yang mana itu bantuan dari pemprov disalurkan melalui kabupaten. Alat kelengkapan yang belum terdapat dari kabupaten, maka dilengkapi oleh provinsi  pada malam ini (kemarin, red),” kata Notje Lakadjo.

Sebelumnya seperti diketahui, Adam Muhammad mengalami musibah kebakaran pada Jumat  (29/7). Rumah beserta isinya habis terbakar tidak tersisa. Kini Adam Muhammad beserta istrinya Mirna Batalipu (24), dan ketiga anaknya, Fadli Muhammad (24), Indra Muhammad (17) dan Priisilia (4) menumpang tinggal di rumah tetangga mereka.

484 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply