Realisasi Imunisasi MR Provinsi Gorontalo Cukup Baik

Petugas Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melakukan vaksinasi Measles Rubella (MR) kepada salah satu siswa MTS Negeri 1 Limboto, Rabu (11/10/2018). Selain MTSN 1 Limboto, petugas juga melaksanakan vaksinasi di SMPN 2 Limboto dengan jumlah 803 siswa. (foto : Burhan – Humas)

Kabupaten Gorontalo, Humas – Tiga pekan jelang berakhirnya pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR), tingkat realiassi imunisasi MR di Provinsi Gorontalo terbilang cukup baik dengan presentasi 78,4 persen dari total 309.405 anak.

Realisasi tersebut menempatkan Gorontalo di peringkat enam secara nasional di bawah Provinsi Papua Barat (97,54%), Bali (93,17%), NTT (89,84%), Lampung (84,97%) dan Sulawesi Utara (84,69%). Data itu terungkap dalam sosialisasi dan pelaksanaan imunisasi MR yang dilakukan di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo bertempat di MTSN 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Kamis (11/10/2018).

Baca Juga :  126 BUMDes dan UKM Ikut Pelatihan Pendampingan

“Dari lima kabupaten dan satu kota hanya Kota Gorontalo yang realisasinya di bawah tujuh persen yakni 66,9 persen. Kabupaten Bone Bolango sebanyak 72,9 persen, Kabupaten Gorontalo 78,1 persen, Boalemo 80,9 persen.

Sementara untuk Kabupaten Gorontalo Utara dan Pohuwato menjadi yang tertinggi masing-masing 87,6 persen dan 88 persen,” jelas Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Prov. Gorontalo, Erni Katili Mansyur.

Erni optimis angka tersebut terus meningkat hingga akhir Oktober 2018 nanti. Pemerintah daerah, pihak sekolah, tokoh agama dan tenaga kesehatan diharapkan terus memberikan dukungan dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Virus campak dan rubella sangat berbahaya. Bisa menyebabkan kecacataan berupa buta, tuli, kelainan jantung dan paru. Bahkan dapat menyebabkan kematian dan berisiko keguguraan pada ibu hamil. Bahaya ini yang kami minimalisir,” imbuhnya.

Baca Juga :  Gubernur : PNS Untuk Tidak Terlibat Politik Praktis

Terkait dengan pelaksanaan imunisasi MR di MTSN Negeri 1 Limboto dan SMPN 2 Limboto, Dinkes sukses mengimunisasi 811 anak di kedua sekolah tersebut. Angka itu meningkat signifikan dari bulan sebelumnya yang hanya 193 siswa.

Pewarta : Burhan

Editor : Isam

184 total views, 1 views today

Berita Terkait

Genjot Imunisasi MR, Petugas Intens Datangi Sekola... Petugas kesehatan Puskesmas Tilango memberikan vaksin Measles dan Rubella (MR) kepada siswa SMP Muhammadiyah di Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontal...
Tags:
author

Author: