Realisasi Fisik Lampaui Target, Realisasi Keuangan Rendah

Suasana pertemuan Pra Rapat Pimpinan yang digelar di Ruang Dulohupa, Kantor Gubernuran, Rabu (4/7/2018). Pertemuan yang dipimpin oleh Penjabat Sekda Anis Naki itu membahas tentang evaluasi serapan anggaran dan pekerjaan fisik pemerintah provinsi hingga akhir Triwulan II. (Foto: Nova-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Realisasi fisik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo hingga akhir Triwulan II bulan Juni 2018 melampaui target. Realisasi fisik sudah mencapai 42,17 %, dari target 38,89 %. Meski begitu, realisasi keuangan hanya sebesar 32,46 % dari target sebesar 34,46%.

Anggaran untuk pekerjaan fisik di Pemprov Gorontalo sebesar 884 Milyar Rupiah, namun hingga pertengahan tahun yang terserap baru sekitar 275,5 Milyar Rupiah.

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo Minta Programnya Dievaluasi Rakyat

“Meskipun realisasi ini cukup baik namun ada lima dari 34 OPD yang belum melampaui target fisik dan keuangan, yakni Biro Umum, Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Penanaman Modal ESDM dan Transmigrasi serta Dinas Kelautan dan Perikanan,” beber Penjabat Sekretaris Daerah Anis Naki saat memimpin Pra Rapat Pimpinan (PraRapim) Penyerapan Anggaran di Ruang Dulohupa, Rabu (3/7/2018).

Menurutnya, rendahnya realisasi disebabkan karena beberapa pelaksanaan program mengalami keterlambatan dalam pelaksanaannya. Untuk itu, kepada seluruh OPD diminta untuk segera melakukan pelelangan dan pekerjaan fisik.

“Saya berharap ketika Rakorev nanti tidak ada lagi yang merah. Jika ada masalah segera dicarikan solusinya dengan berkonsultasi dengan Biro Pengadaan Barang dan Jasa,” tegas Anis.

Baca Juga :  Pengadaan Barang/Jasa Harus Ikuti Perpres 16/2018

Untuk mengurai masalah dalam pekerjaan fisik dan realisasi keuangan, OPD diminta untuk melakukan rapat rutin internal di instansi masing masing. Hal itu sejalan dengan arahan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang menghendaki adanya coffee morning setiap hari Senin.

Rapat itu berfungsi untuk mengevaluasi kinerja OPD selama sepekan terakhir serta merencanakan prgoram kerja seminggu ke depan. Diharapkan setiap program dapat dimonitor secara berkala setiap minggunya.

Pewarta: Nova/Isam

352 total views, 1 views today

author

Author: