Provinsi Gorontalo Terbaik 4 Nasional Untuk Pengelolaan Irigasi

Asisten bidang Ekonomi dan Pembangunan Sutan Rusdy (kiri) dan Kadis PU-PR Handoyo (kanan) mewakili Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menerima penghargaan terbaik 4 nasional dalam hal operasionalisasi dan pemeliharaan irigasi yang berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (18/9/2018). (Foto: Istimewa).

KOTA PADANG, Humas – Pemerintah Provinsi Gorontalo menjadi terbaik 4 nasional dalam hal pengelolaan irigasi di Indonesia tahun 2017. Penghargaan yang diserahkan Diah Indrajati selaku Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementrian Dalam Negeri diterima oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang diwakili Asisten bidang Ekonomi dan Pembangunan Sutan Rusdy bertempat di hotel Grand Inna Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (18/9/2018).

Operasi dan pemeliharaan (OP) irigasi terbaik dinilai berdasarkan beberapa kriteria di antaranya luas kewenangan pemda, penyediaan anggaran OP irigasi serta ketersediaan tenaga operasional. Indikator lainnya yakni besarnya indeks pertanaman modal, kondisi jaringan irigasi serta indeks kinerja sistem irigasi.

Baca Juga :  Ketua TP-PKK Gorontalo Ingatkan Pentingnya Penyediaan Sarana Ruang ASI dan TPA

“Provinsi Gorontalo juga dipandang baik dalam OP irigasi karena telah melahirkan Perda Pengelolaan Irigasi, adanya rencana pengembangan irigasi melalui rencana strategis (renstra) serta terbentuknya komisi irigasi,” jelas Kadis PU-PR Handoyo yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut kata Handoyo, irigasi selaku sumber air bersih dan pengairan sawah warga selama ini menjadi salah satu fokus Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Berbagai perluasan irigasi terus dilakukan termasuk untuk mendukung operasionalisasi bendungan Randangan di kabupaten Pohuwato yang akan diresmikan akhir 2018 nanti.

“Perhatian pak gubernur bahkan sampai pada petugas penjaga pintu. Di semua irigasi yang ada kita tempatkan petugas untuk membuka dan menutup pintu air untuk memastikan distribusi air berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pj Sekda Pimpin Upacara Hardiknas Tingkat Provinsi Gorontalo

Penghargaan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Terbaik Nasional Tahun 2017 merupakan acara pertama kali yang digelar oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri. Terbaik 1 hingga 4 masing masing diraih oleh Provinsi Sumatera Barat, Bali, Lampung dan Gorontalo.

Pewarta: Isam

242 total views, 1 views today

Tags:
author

Author: