Program Unggulan Pemprov Gorontalo relevan dengan Pemerintah Nasional

Gorontalo – Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs. H. Idris Rahim, MM., menghadiri Sarasehan Nasional yang digelar oleh Bank Indonesia (BI), Rabu (3/8) malam, digedung BI, Jakarta. Sarasehan yang mengangkat tema membangun Indonesia dari daerah berbasis sumber daya alam, percepatan infrastruktur, perbaikan tata niaga, dan reformasi birokrasi, menghadirkan pembicara Gubernur BI Agus Martowardojo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, serta dihadiri oleh Gubernur/Wakil Gubernur se Indonesia.

Gubernur BI dalam sambutannya mengingatkan, pentingnya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkesinambungan, dan inklusif. Menurutnya hal itu bisa dicapai melalui reformasi struktural di empat bidang, yakni membangunan kekuatan, daya tahan dan kemandirian di bidang pangan, energi dan air, membangun industrialisasi dan berdaya saing, perbaikan infrastruktur fisik dan non fisik, serta melakukan pendalaman pasar keuangan.

Sementara itu Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan, pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui reformasi birokrasi dan perbaikan tata hubungan birokrasi pusat-daerah. Hal itu dipertegas pula oleh Menko Bidang Perekonomian, yang mengatakan bahwa pemerintah saat ini menaruh perhatian besar dalam mendorong pembangunan infrastruktur, termasuk pembangunan industri, serta pengembangan SDM melalui sektor pendidikan.

Terkait penyampaian para pembicara tersebut, Wagub Idris Rahim usai menghadiri sarasehan tersebut mengatakan, Pemerintah Provinsi Gorontalo sejak awal kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie dengan dirinya, telah fokus pada upaya peningkatan kualitas SDM masyarakat Provinsi Gorontalo melalui sektor pendidikan dan kesehatan, memacu pembangunan infrastruktur, serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. “Empat program unggulan Pemerintah Provinsi Gorontalo sangat relevan dengan upaya pemerintah nasional dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” terang Idris.

Kedepan Idris mengemukakan, akan terus mensinergikan program pembangunan Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan pemerintah nasional, guna mewujudkan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan semua potensi yang ada di Provinsi Gorontalo. “Kita akan terus bersinergi dan memanfaatkan seluruh potensi sumber daya alam di daerah, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkualitas demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” pungkas Idris.

226 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply