Program RHL Upaya Perbaikan Wilayah DAS

Gorontalo, Humas – Kepala Bidang Penegak Hukum dan Rehabilitasi, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo Hoerudin mengungkapkan, kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) dibutuhkan dalam upaya perbaikan wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) dan peningkatkan kualitas lingkungan.

Menurut dia, program  RHL ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus seluas 600 Ha. Masyarakat harus tahu, mau dan mampu melaksanakan RHL secara baik, serta terampil dalam mengelola serta memanfaatkan lahan miliknya masing-masing secara optimal, produktif  dan lestari.

“Selasa lalu kita bekerja sama dengan Polda Gorontalo, telah mengadakan Sosialisasi RHL DAS Prioritas, di Balai Desa Motinelo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Sosialisasi ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari masyarakat Kelurahan Dembe I Kota Barat Kota Gorontalo, Tabongo Timur dan  Motinelo Kecamatan Tabongo serta Desa Ambara Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo,” terang Hoerudin, Kamis (15/8/2019).

Baca Juga :  Telkomsel Gorontalo Gelar FGD Digital Smart City

Ia mengutarakan, tujuan sosialisasi yang dilaksanakan tersebut untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat mengenai kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL).

Program RHL diharapkan juga akan memperbaiki, meningkatkan serta mempertahankan daya dukung produktivitas hutan dan lahan, sehingga fungsi ekologi, sosial, ekonomi dapat tercapai secara optimal.

“Di samping itu harapan yang ingin dicapai pada kegiatan RHL adalah terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat sekitar hutan, pendapatan masyarakat meningkat, fungsi lindung tercapai secara optimal dan kondisi lingkungan lebih lestari, terbebas dari bahaya banjir  dan kekeringan,” pungkas dia.

Pewarta : ppid dlhk

63 total views, 1 views today

author

Author: