Program Pendidikan Gratis Jadikan Kualitas Pendidikan Gorontalo Merata

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memberikan arahan kepada peserta SMN BUMN Hadir untuk Negeri

GORONTALO – Kualitas pendidikan di Provinsi Gorontalo semakin meningkat dan merata di seluruh kabupaten/kota. Salah satu indikatornya terlihat dari siswa-siswa berprestasi yang mewakili Provinsi Gorontalo pada program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang digelar oleh Bank BTN dalam rangka BUMN Hadir untuk Negeri, tidak lagi didominasi oleh siswa dari sekolah di perkotaan, tetapi banyak pula dari sekolah di pelosok Gorontalo.

Berdasarkan laporan dari Direksi Bank BTN, Budi Satria, 20 peserta SMN dipilih melalui seleksi yang sangat ketat di seluruh SMA, SMK, dan SLB se Provinsi Gorontalo.

“Untuk menjadi peserta SMN tidaklah mudah, peserta harus memenuhi beberapa kriteria khusus, diantaranya harus memiliki prestasi akademik dan non akademik,” kata Budi Satria pada pelepasan peserta SMN yang berlangsung di hotel Grand Q Kota Gorontalo, Sabtu (22/7) malam.

Terkait hal itu, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menjelaskan, meratanya kualitas pendidikan di Provinsi Gorontalo berkat komitmen Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui program unggulan pendidikan gratis atau Program Pendidikan untuk Rakyat (Prodira). Program yang sejak awal dilaksanakan pada periode pertama kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim, mewajibkan seluruh anak usia sekolah untuk mengenyam pendidikan, dan Pemprov Gorontalo menggratiskan biaya pendidikan dari jenjang SD, SMP, dan SMA.

“Syukur alhamdulillah, program pendidikan gratis sudah mampu meningkatkan kualitas anak didik kita yang merata di seluruh Provinsi Gorontalo,” kata Idris.

Hal yang lebih membanggakan lagi, lanjut Idris, peserta yang terpilih mengikuti SMN adalah para siswa berprestasi dari keluarga yang kurang mampu. Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan tujuan program pendidikan gratis untuk membantu masyarakat kurang mampu, sehingga tidak ada lagi anak putus sekolah karena alasan biaya pendidikan.

“Ini menunjukkan program pendidikan gratis benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Gorontalo. Pak Gubernur bersama saya berkomitmen untuk melanjutkan program pendidikan gratis dan program unggulan lainnya di periode kedua kepemimpinan kami,” pungkas Idris.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

100 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply