Profesionalitas Guru, Penentu Keberhasilan Pendidikan

Bunda PAUD Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie, memberikan sambutan pada sosialisasi program PKB Bidang Taman Kanak-Kanak

GORONTALO – Guru yang profesional adalah guru yang kompoten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal ini dikatakan Bunda PAUD Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie, pada sosialisasi program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bidang taman kanak-kanak Tahun 2017, yang digelar di Graha Azizah Kota Gorontalo, Kamis (10/8).

“Kunci utama keberhasilan pendidikan sangat tergantung pada kualitas guru. Selengkap apa pun daya dukung pendidikan berupa ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, semua itu akan sia-sia jika berada di tangan guru yang tidak berkompoten,” kata Idah.

Idah mengungkapkan, peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting dalan menentukan keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu, pemerintah terus memberikan fokus perhatian pada peningkatan mutu, kualitas, dan kompetensi guru. Menurutnya, Bunda PAUD maupun guru TK memikul tugas dan tanggung jawab yang besar dalam memberikan pendidikan yang dapat membentuk karakter anak sejak usia dini.

“Hanya guru profesional yang mampu mengemban tugas mulia ini. Tidak jarang kita mendengar di tengah ketiadaan sarana pendukung masih saja ada geliat prestasi yang ditorehkan oleh para guru di pelosok-pelosok desa, semua itu hanya bisa dilakukan oleh para guru yang menjunjung tinggi profesionalisme,” terang Idah.

Idah berharap dan mengajak seluruh Bunda PAUD dan guru TK untuk tidak pernah berhenti mengembangkan diri, terus belajar untuk meningkatkan kualitasnya, sehingga mampu mendidik anak-anak menjadi generasi bangsa yang bertanggung jawab, mengenal asal usulnya, serta mencintai budayanya.

“Tingkatkan terus kompetensi, jadilah guru yang berkualitas dan profesional, sehingga mampu melahirkan putra-putri generasi penerus cita-cita bangsa yang berkarakter dan berkualitas,” tandasnya.

Pewarta : Burhan
Editor : Haris
Foto : Burhan

126 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply