Posdaya Untuk Berdayakan Masyarakat

Ketua Tim Posdaya Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie memberikan motivasi kepada para peserta Bimtek Pendamping/Kelompok Posdaya Mandiri yang diselenggarakan oleh Diskumkoperindag Provinsi Gorontalo,Rabu (30/8) di Hotel Golden Sri Kabupaten Pohuwato.

Dihadapan para peserta Bimtek Idah mengungkapkan posdaya adalah forum silaturahmi,komunikasi,advokasi dan wadah penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu dan mandiri. Posadaya sangat berperan dalam menyatukan potensi sumber daya manusia suatu wilayah.

Menurut Idah, di dalam posdaya tersebut masyarakat diberdayakan kemampuan dan keahlian mereka untuk berusaha.

” Usaha ekonomi masyarakat merupakan suatu strategi alternatif pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga itu pendekatan harus berbasis sosial kemasyarakatan. Dimensi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dengan pola nafkah yang berkelanjutan tidak hanya meningkatkan keadilan sosial,tetapi juga mencakup pengembangan kemampuan dan keahlian warga desa dan anggota rumah tangga,” jelas Idah.

Adanya posdaya disuatu wilayah dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat agar mampu menggali potensi-potensi, baik itu SDM dan SDAnya sehingga bisa berusaha dan meningkatkan kehidupan ekonominya.

Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo ini menguraikan lima kunci sukses yaitu adanya kerja keras dan mampu bersaing dengan yang lain, tekun dan tidak mudah putus asa,  pembelajaran, mampu berkorban/pengorbanan dan tetap berusaha dan berdoa.

” Saya berharap peserta mampu untuk menyerap ilmu yang didapat,  diterapkan serta  disebarluaskan lagi kepada orang lain sehingga perekonomian di Indonesia khususnya di Gorontalo akan semakin meningkat,” pungkas Idah.

Pewarta /foto : Burhan

Editor                : Asriani

159 total views, 1 views today

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply