Polandia Akui Kekayaan Wisata Gorontalo

Asisten Administrasi Pemprov Gorontalo saat menyerahkan plakat kepada Konselor Pertama Romuald Morawski dari Polandia

Potensi alam Gorontalo yang kaya menarik perhatian Negara Polandia dan berniat untuk  menjajaki kerjasama dengan Pemprov  Gorontalo.

Konselor Pertama Romuald Morawski yang menjabat sebagai Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Polandia di Jakarta saat melakukan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Provinsi Gorontalo, Rabu ( 3/5), di Ruang Huyula Kantor Gubernur Gorontalo, mengatakan  Gorontalo merupakan daerah yang cantik , punya potensi pariwisata yang besar  dan juga perdagangan serta investasi.  “Selain pariwisata, potensi Gorontalo juga pas untuk sektor maritim, perikanan, dan pertanian.  Namun  yang paling penting  yang  saat ini kita bicarakan adalah teknologi hijau untuk melindungi masa depan penerus Gorontalo,” jelas Morawski.

Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Polandia ini juga mengatakan jika dia mendapatkan banyak informasi dari Pemprov Gorontalo tentang potensi ekonomi dari berbagai sektor . Romuald Morawski juga memberikan masukan agar Pemprov Gorontalo tak hanya bermain di wilayah lokal atau Asia tapi juga berpromosi hingga ke tingkat internasional seperti Eropa. “Banyaknya pulau dan pantai di Gorontalo menjadi potensi yang sangat bagus. Selain itu, penerbangan wisatawan dari Polandia ke Indonesia cukup menjanjikan,” kata Morawski bersemangat.  Morawski dan istrinya selama lima hari berada di Gorontalo menyempatkan untuk menikmati wisata di pulau cinta Kabupaten Boalemo dan berterima kasih kepada Pemprov Gorontalo atas sambutannya yang hangat selama dia di Gorontalo.

Sementara itu  Asisten Administrasi Setda Pemprov Gorontalo, Huzairin Roham  mengatakan, Gorontalo diberi kesempatan untuk bisa mengekspor  produk-produk Gorontalo langsung ke Polandia. “Pihak Polandia sudah tahu tentang produk-produk Gorontalo dan mereka bersedia untuk kerjasama langsung antara perusahaan Polandia dan Gorontalo. Polandia juga sudah menyediakan jalur website jika kita ingin serius. Jadi tergantung pada kita apakah kita akan mengambil kesempatan ini , “papar Huzairin.  Pihak Polandia banyak memberi masukan untuk pariwisata, seperti apa yang akan kita berikan kepada para wisatawan jika sudah menjelang malam hari, jangan sampai wisatawan hanya disuruh tidur. Tindak lanjut dari pertemuan ini akan segera kita bicarakan dengan masing-masing skpd seperti dinas pariwisata dan skpd terkait lainnya,  jelas Huzairin.

Polandia merupakan salah satu negara yang berada di jantung Eropa. Polandia sendiri banyak memproduksi barang-barang terkait pengolahan bahan-bahan segar seperti buah, ikan dan makanan segar lainnya. Teknologi hijau atau green technology juga menjadi  sasaran promosi Polandia bagi Gorontalo. ( Anie –Tim Redaksi Humas)

256 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply