Zudan Berharap Konektifitas Antara Pulau Dioptimalkan

Gorontalo – Melalui momentum Peringatan Hari Nusantara XVI, pelaksana tugas (Plt) Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh, meminta semua pihak bersama dengan pemerintah, mengoptimalkan konktifitas antar pulau.

“Hari Nusantara mengingatkan pada kita semua mengenai konsep wawasan Nusantara, dimana Indonesia itu adalah Negara Kepulauan,”kata Zudan Arif Fakrulloh, saat memberi sambutan pada upacara Hari Nusantara XVI Tahun 2016, yang berlangsung di  PPI Inengo Desa Huangobotu, Sabtu (17/12).

Menurutnya, hari Husantara ini untuk mengingatkan kita untuk mewujudkan kembali poros maritim, dimana laut harus betul-betul dimanfaatkan sebagai penghubung antar pulau, bukan malah menjadi pemisah.

“Fungsi laut sebagai penghubung ini harus lebih dioptimalkan agar konektifitas antar daerah menjadi lebih bagus,”ujarnya.

Ia berharap, nantinya semua wilayah itu harus terkoneksi dan harus ada nilai tambah, baik disektor ekonomi perdagangan dan pariwisata, serta pemanfaatan hasil laut itu sendiri.

Dijelaskannya bahwa, jika ada kapal yang berlabuh di Gorontalo, dari pualau mana saja, maka kapal itu harus saat akan berlayar diisi kembali dengan produk-produk lokal Gorontalo.

“Kita cukup banyak punya produk-produk UMKM, maupun produk industri, pertanian, pertambangan yang bisa dipasarkan ke luar daerah,”tegasnya.

Mengenai ancaman maritim di Indonesia, Zudan menjelaskan bahwa, laut sebagai peluang namun bisa saja dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang sengaja ingin merusak bangsa untuk menyelendupkan barang-barang ilegal, terutama Narkoba.

“Olehnya itu, mari kita berasma TNI, Danlanal, Danlatamal berkerjasama terus menerus, berantas penyeludupan lewat jalur laut, terutama pelabuhan-pelabuhan kecil, sebab penyelundupan adalah faktor paling bahaya untuk Negara,”ucapnya.

Dalam kesempatan penyelenggaraan Hari Nusantara tersebut, juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada POKMASWAS yang berprestasi berupa Piagam dan Handphone, kartu anggota, paket bantuan motor cool box sebanyak 10 unit, Penyerahan Kartu asuransi Nelayan serta pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat dan gerakan sapu bersih pantai di lokasi Pantai Batubarani. (KBRH-Echin)

262 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply