PKK Gorontalo Galakkan Program Tanam Cabai di Pekarangan

Gorontalo – Ketua tim penggerak PKK provinsi Gorontalo Ninuk Triyanti terus menggalakkan program nasional dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami cabai.

Untuk mendukung hal tersebut ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Ninuk Triyanti melakukan penandatangan MoU antara PKK Dengan Dinas Pertanian, Dinas Pangan Dan Badan Pengkajian Teknologi Pangan (BPTP) Provinsi Gorontalo.

“Kerjasama yang dilaksanakan pada hari ini dimaksudkan untuk mendukung pelaksanaan Gerakan Tanam Cabai dan sekaligus mendukung upaya-upaya peningkatan ketahanan pangan serta peningkatan gizi keluarga,” kata Ninuk Triyanti, Selasa (14/2),

Perjanjian kerjasama ini kata Nunik, adalah tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara Menteri Pertanian dengan Tim Penggerak PKK Pusat yang ditandatangani pada bulan November 2016 tentang tanaman cabe nasioanl, serta Rakernas Kementrian pada tanggal 4-5 Januari 2017, dan Rakor Pangan Tingkat Provinsi Tanggal 20 Januari 2017 serta Rapat Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo dengan SKPD yang dilaksanakan tanggal 11 Februari 2017.

Menurut Ninuk, perjanjian kerjasama antara TP PKK provinsi dengan Dinas Pertanian, Dinas Pangan dan BPTP ini tidak hanya terkait gerakan cabe nasional saja, namun juga tanam sayur lainnya dan tanam hias serta terkait dengan upaya-upaya lain untuk mendukung ketahanan pangan dan kemandirian pangan.

“Melalui kesempatan ini kami sangat mengharapkan bahwa perjanjian kerjasama ini di ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama TP PKK Kabupaten/Kota dengan dinas terkait di lingkungan Kabupaten/Kota,”ujarnya.

Ia menambahkan, sehingga gerakan tanam cabe nasional, tanam sayur, tanam hias dan lainnya serta upaya untuk mendukung ketahanan dan kemandirian pangan dapat berjalan secara optimal serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya dengan adanya perjanjian kerjasama ini Kementrian Pertanian mempercayakan kepada Tim Penggerak PKK untuk ikut serta mengsukeskan gerakan tanam cabe nasional dilahan pekarangan rumah tangga.

Sebab hal ini selaras dengan salah satu ikon unggulan PKK yaitu HATINYA PKK (halaman asri, teratur, indah dan nyaman) yaitu gerakan masyarakat yang implementasinya melalui pemanfaatan halaman/pekaranagn rumah dengan menanam tanaman pangan, tanaman produktif keras yang bernilai ekonomis tinggi, tanaman obat yang minimal untuk memenuhi kebutuhan dan tabungan keluarga serta tanaman hias yang berfungsi untuk keindahan dan kenyamanan rumah. (Burhan-Humas)

100 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply