Pimpin Apel Pagi, Sekda Apresiasi Realisasi Anggaran OPD

Sekretaris Daerah Winarni Monoarfa saat memimpin apel pagi di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo, Senin (6/11).

Apel pagi di lingkungan sekretariat daerah Provinsi Gorontalo, Senin (6/11) dimanfaatkan oleh Sekretaris Daerah Winarni Monoarfa untuk mengevaluasi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD). Winarni Monoarfa mengapresiasi kinerja beberapa OPD yang dinilainya sudah cukup baik dalam hal serapan anggaran dan realisasi fisik APBD 2017 ini.

Hasil perhitungan dari Biro Pengendalian Pembangunan dan Layanan Pengadaan (P2LP) ada berapa biro yang sudah mencapai target hingga awal bulan November ini.  Seperti pada Biro Pemerintahan yang realisasi fisik mencapai 90,45 persen dan realisasi keuangan mencapai 82,28 persen. Biro P2LP yang mencapai 82,23 persen realisasi fisik dan 77,84 persen realisasi keuangan.

“Untuk Biro Kesra realisasi fisiknya mencapai 93,70 persen dan realisasi keuangan mencapai 91,58 persen. Biro Humas Protokol 86,78 persen realisasi fisik dan realisasi keuangan mencapai 67,95 persen. Badan Keuangan yang realisasi fisiknya mencapai 80,28 persen dan realisasi keuangan mencapai 72,79 persen” beber Sekda membacakan data yang ia pegang.

Selain beberapa biro itu, ada juga beberapa OPD yang serapan anggaran dan realisasi fisik yang masih rendah seperti Biro Hukum, Biro Umum, Kantor Satpol PP dan Linmas. Bagi OPD dengan capaian rendah Winarni meminta agar segera mempercepat penyerapan anggaran mengingat waktu tersisa tinggal dua bulan lagi.

“Untuk Biro Umum memang ada beberapa faktor, salah satunya pada APBD Perubahan ada ketambahan anggaran yang cukup besar. Ini tolong menjadi perhatian semua pihak agar nanti realisasinya tepat waktu,” pinta Winarni.

Pada kesempatan tersebut, guru besar Universitas Hasanuddin itu juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mensukseskan penyusunan RPJMD 2017-2022. Winarni mengungkapkan dari tujuh provinsi yang melaksanakan Pilkada beberapa waktu lalu, Provinsi Gorontalo merupakan provinsi pertama yang RPJMD-nya sudah dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri dan siap untuk disahkan melalui Paripurna DPRD.

“Mewakili pak Gubernur dan Wakil Gubernur, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas upaya keras rekan-rekan, sehingga Alhamdulillah RPJMD kita dapat diselesaikan dengan baik” ungkap Sekda.

Di akhir apel awal pekan itu, Sekda menyemangati para ASN untuk tetap semangat dan giat bekerja mengabdi bagi daerah. Ia bahkan mengajak ASN yang hadir di apel untuk menyorakkan yell-yell HUT Provinsi Gorontalo ke-17 yang bertema Gorontalo Unggul, Kerja, Kerja, Kerja dan Kerja Bersama.

Pewarta : Ryan

Editor : Isam

Foto : Ryan

110 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply