Petani Gorontalo Bakal Punya ATM Khusus

Wagub Idris Rahim bersama tamu dari Bank BRI

Kabar gembira buat para petani di Gorontalo. Salah satu bank pemerintah akan mengeluarkan kartu ATM khusus untuk para petani dengan berbagai manfaat.

Informasi kartu ATM khusus petani  ini disampaikan langsung Kepala Pengembangan Bisnis Mikro Bank BRI Pusat, Dwi Mulyono yang datang bersama rombongan saat melakukan kunjungan silaturahim dengan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Senin (22/5),  di ruang kerja wagub.

Dwi Mulyono menjelaskan, sekarang pemerintah pusat telah memprogramkan kartu ATM khusus petani, dimana kartu tersebut merupakan  program dari Presiden Republik Indonesia, untuk memudahkan petani dalam melakukan transaksi.

“Khusus untuk Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tengah,  yang menjadi penangung jawab untuk kartu petani diberikan kepada Bank BRI. Tentunya ini merupakan suatu inovasi dari pemerintah pusat kepada perbankan agar petani dalam melakukan transaksi di bank  bisa cepat dan mudah aksesnya,” jelas Dwi.

Dwi Mulyono menguraikan, kartu ATM petani mempunyai fungsi debet sekaligus sebagai kartu untuk  subsidi pupuk. Melalui kartu ATM yang sama, pemerintah provinsi  dapat mengetahui data petani, kapan harus panen sehingga memudahkan bagi pemerintah untuk memprediksi jumlah produksi pertanian .

Masih kata Dwi Mulyono, melalui kartu ATM ini bagi pembeli dapat mempermudah dalam  menyiapkan luas gudang serta banyaknya dana yang harus disediakan. Salah satu keuntungan dengan memiliki ATM ini, bagi petani sendiri ketika terjadi transaksi, uangnya langsung masuk ke rekening BRI tanpa harus membawa uang tunai dan petani bisa memperhitungkan produksi kebutuhan pupuk disetiap musim tanam. Tak kalah menarik, kartu petani ini bisa menjadikan petani mempunyai usaha sampingan untuk menjadi agen briling BRI

“Petani bisa dapat gaji dari BRI tanpa harus menjadi pegawai BRI, dan semua transaksi dan berbagai tagihan bulanan bisa dibayarkan lewat kartu Petani” jelas Dwi.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, menyambut baik apa yang sudah dibuat oleh Bank BRI melalui kartu petaninya.

“Tentunya ini tidak lepas dari program pemerintah pusat yang di prakarsai oleh Presiden Joko Widodo. Ini merupakan terobosan terbaru dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup para petani sehingga petani itu sendiri dapat dengan mudah melakukan transaksi jual beli terhadap produksi pertaniannya tanpa harus pergi ke bank” urai Idris Rahim.

Wagub berharap program yang sudah ada ini agar dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas agar masyarakat tahu bahwa di Provinsi Gorontalo telah ada kartu ATM khusus petani, pungkas Idris Rahim.

Pewarta : Gusti

Foto.       : Gusti

Editor.     : Asriani

153 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply