Perlu Upaya Komprehensif Bangun UMKM

Gorontalo – Untuk memajukan dan menjadikan UMKM memiliki daya saing, upaya komprehensif dari seluruh stakeholder, baik akademisi, bisnis, pemerintah dan masyarakat perlu dilakukan.

Sebab, kalangan akademisi dengan latar belakang keilmuannya, memiliki kemampuan, ide, gagasan dan inovasi dalam mengembangkan produk UMKM yang berkualitas.

Bisnis dalam hal ini BUMN, memiliki peran yang sangat strategis dalam melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para pelaku UMKM.

Sedangkan, pemerintah sebagai fasilitator dan regulator yang dengan kebijakannya akan mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya UMKM.

Hal ini ditegaskan Wagub DR. Drs. H. Idris Rahim, MM., saat membuka workshop kerjasama pembangunan UMKM antara pemerintah daerah, BUMN, perguruan tinggi, dan masyarakat, atau dikenal dengan Triple Helix Plus Community, yang digelar di Hotel Maqna Kota Gorontalo, Kamis (23/6).

Menurut Idris, sinergitas dan kemitraan yang dikenal dengan Triple Helix Plus Community mutlak diperlukan untuk mewujudkan UMKM yang berdaya saing dan dengan produknya yang berkualitas mampu menembus pasar nasional bahkan internasional.

302 total views, 1 views today

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply