Peringati HKN ke 53, Wujudkan Keluarga Indonesia yang Sehat

Sekdaprov Gorontalo Winarni Monoarfa saat memberikan sambutan pada puncak peringatan HKN ke 53 tingkat Provinsi Gorontalo, Jumat (24/11)

Gorontalo – Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai dengan undang-undang nomor 36 tahun 2009. Program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa, saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek pada upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tingkat Provinsi Gorontalo, di Grand Sumber Ria.

“Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan dan perilaku hidup sehat. Oleh karena itu, kita perlu untuk membudayakan perilaku hidup sehat dan bersih pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga,” kata Winarni, Jumat (24/11).

Peringatan HKN tahun ini bertema ” Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat. Selain itu, program ini juga didukung oleh program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

“Untuk mencapai tujuan itu dibutuhkan peran lintas sektor dan lintas program, semua harus saling terkait dan bersinergi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut kata Winarni, peringatan HKN merupakan momentum untuk mengukuhkan kembali komitmen kita, menguatkan tekad serta menggugah semangat kita semua, agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta terus berupaya menyadarkan masyarakat agar mandiri dalam aspek kesehatan.

Dengan mendorong program Indonesia sehat dan germas, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setingi-tingginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Diakhir sambutannya sekda mengatakan, ayo perkuat komitmen kita bersama seperti apa yang sering disampaikan oleh ketua tim penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie yaitu saya perempuan sehat, stop kanker serviks, stop kanker payudara, cek kesehatan secara rutin, setia terhadap pasangan, sehat keluargaku sehat Indonesiaku, Gorontalo unggul.

HKN ke-53 tingkat Provinsi Gorontalo dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi deteksi dini kanker leher rahim, kanker payudara, seminar hepatitis serta pemberian penghargaan pada insan kesehatan.

Pewarta/Foto : Nova
editor : Asriani

79 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply