Peringatan Harganas  Diharapkan Mampu Wujudkan Keluarga yang Berkualitas

Pj. Sekda Provinsi Gorontalo Anis Naki (ketiga kanan) hadir pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV Tingkat Provinsi Gorontalo yang di Pusatkan di GOR David-Tony Limboto,  Kabupaten Gorontalo, Rabu (8/8/2018). (foto : Nova – Humas)

KABUPATEN GORONTALO, HUMAS – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV diharapkan mampu mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Hal tersebut dikatakan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Anis Naki yang mewakili Gubernur pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV Tingkat Provinsi Gorontalo yang di Pusatkan di GOR David-Tony Limboto,  Kabupaten Gorontalo, Rabu (8/8/2018).

Anis mengatakan sesuai dengan tema peringatan Harganas tahun ini  “Hari Keluarga, Hari kita Semua” dengan tagline Cinta Keluarga, Cinta Terencana, peringatan Harganas ini menjadi momen untuk meningkatkan kembali pentingnya keluarga serta pentingnya suatu perencanaan dalam membangun keluarga dengan baik serta dapat melaksanakan kembali delapan fungsi keluarga yaitu fungsi keagamaan, Sosial Budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, sosialisasi, pendidikandan ekonomi, serta pembinaan lingkungan.

Baca Juga :  Tinjau Korban Kebakaran, Gubernur Gorontalo Serahkan Bantuan

“ Dengan berfungsinya keluarga dengan baik maka akan menjadi daya ungkit bagi  kemajuan pembangunan di daerah mapun nasional,” tambah Anis.

Pada momen  Harganas ke XXV, diketahui Provinsi Gorontalo berhasil menurunkan angka Total Fertility Rate (TFR) atau angka kelahiran total menjadi 2,5. Sebelumnya pada periode survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012-2017, TFR bertahan pada angka 2,6.

Meski hanya turun 1 angka, namun itu mampu membuat Provinsi Gorontalo menempati peringkat kedua TFR terbaik di luar Jawa dan Bali dan ini merupakan capaian pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk Provinsi Gorontalo tahun 2017.

Pada kesempatan ini Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie, menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Rudi Budiman selaku Direktur Pelaporan dan Statistik BKKBN RI yang mewakili Kepala BKKBN RI.

Baca Juga :  KPPU Sosialisasi Persaingan Usaha Sehat di Gorontalo

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Pelaporan dan Statistik BKKBN RI, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Bupati Kab. Gorontalo, Bupati Gorontalo Utara, Ketua dan anggota PKK se Kab/Kota se Provinsi Gorontalo serta undangan lainnya.

Pewart : Nova
Editor : Asriani

233 total views, 1 views today

author

Author: