Peran KKIG Dibutuhkan Untuk Wujudkan Gorontalo Unggul dan Sejahtera

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan) bersama Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola pada Rakernas KKIG ke-III di hotel Best Western Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (1/12)

PALU – Pemerintah Provinsi Gorontalo pada periode kedua kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim, tahun 2017-2022, mengusung visi terwujudnya masyarakat Gorontalo yang unggul, maju, dan sejahtera. Untuk mencapai visi tersebut dibutuhkan dukungan dan peran serta seluruh elemen masyarakat, termasuk warga Gorontalo perantauan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Tantangan untuk mewujudkan visi tersebut cukup berat, sehingga itu dibutuhkan partisipasi seluruh masyarakat Gorontalo termasuk yang berada di daerah rantau yang terhimpun dalam KKIG,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) ke-III yang dilaksanakan di Hotel Best Western Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (1/12).

Idris mengutarakan, Rakernas yang mengangkat tema “KKIG Kuat, Gorontalo Hebat”, merupakan momentum untuk mengevaluasi sejauhmana peran KKIG dalam membantu pemerintah daerah, baik daerah dimana KKIG berkedudukan maupun bagi Pemerintah Provinsi Gorontalo. Wagub berharap, dari evaluasi tersebut nantinya akan menghasilkan program kerja yang lebih inovatif, kreatif, dan menyentuh kepentingan anggota maupun masyarakat secara luas.

“Saya berharap rakernas ini akan menghasilkan rekomendasi baik untuk kepentingan KKIG itu sendiri, lebih khusus untuk Pemprov Gorontalo. Sesungguhnya KKIG Kuat-Gorontalo Hebat, sejalan dengan visi Gorontalo unggul, maju, dan sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dalam sambutannya mengatakan, KKIG adalah satu organisasi kemasyarakatan atau paguyuban yang sangat eksis di Provinsi Sulawesi Tengah. Menurutnya, keberadaan KKIG di Sulawesi Tengah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan pemerintah daerah.

“KKIG itu sungguh luar biasa. Mereka sangat eksis, sangat membantu dan selalu membangun komunikasi dengan kami. Terlaksananya rakernas di Palu ini adalah bukti terbangunnya komunikasi yang baik antara KKIG dengan pemerintah daerah,” kata Longki.

Pada kesempatan itu Longki yang juga sebagai Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS), mengapresiasi kemajuan yang telah dicapai oleh Provinsi Gorontalo. Dengan keberhasilan itu Longki berharap seluruh provinsi di pulau Sulawesi akan mampu bersaing dan menunjukkan eksistennya dalam membangun bangsa dan negara.

“Minggu lalu saya datang ke Gorontalo. Saya melihat banyak kemajuan yang telah dicapai. Saya apresiasi Ka Habibie dan Ka Idi (panggilan Longki untuk Gubernur Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim) atas keberhasilannya membangun Gorontalo. Saya juga mengajak seluruh warga KKIG untuk terus memberi kontribusi terhadap kemajuan Gorontalo,” tandas Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

107 total views, 7 views today

author

Author: 

Leave a Reply