Pengurus DPD GMPK Provinsi Gorontalo Dilantik

0
592
Ketua Umum DPP GMPK, Bibit Samad Rianto (kiri), menandatangani berita acara pelantikan pengurus DPD GMPK Provinsi Gorontalo di gedung Kasmat Lahay Limboto, Kabupaten Gorontalo, Senin (23/4)

GORONTALO – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Provinsi Gorontalo, secara resmi dilantik oleh Ketua Umum GMPK, Bibit Samad Rianto, di gedung Kasmat Lahay Limboto, Kabupaten Gorontalo, Senin (23/4). Pelantikan turut disaksikan oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, Kajati Gorontalo Firdaus Dawilmar, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, serta perwakilan instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya Bibit mengatakan, GMPK lahir dari rasa kegundahan masyarakat atas kondisi bangsa saat ini yang dibelit oleh mengguritanya korupsi. Bahkan dana desa yang bertujuan untuk memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat desa, tak luput dari penjarahan korupsi.

“Menguritanya korupsi di negeri ini sudah terjadi sejak lama. Korupsi sudah menjadi penyakit kronis,” kata Bibit.

Atas dasar hal itulah, maka GMPK terpanggil untuk membenahi negeri ini dengan cara memerangi musuh utama kemajuan yaitu moral korupsi. GMPK mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tidak menjadi koruptor, dan juga secara bersama-sama untuk menutup peluang terjadinya korupsi.

“Kita perangi korupsi, kita bongkar akar masalah korupsi dengan mengajak masyarakat untuk mencegah dan menangkal korupsi di lingkungannya masing-masing,” ujarnya.

Senada dengan Ketua Umum GMPK, Wagub Idris Rahim dalam sambutannya mengumpakan kondisi korupsi di negeri ini dengan penyakit kanker stadium empat. Bagaikan kanker yang sudah menyebar ke seluruh tubuh, korupsi juga tidak hanya terjadi di tingkat pusat, tetapi juga sudah menggerogoti hingga di tingkat desa.

Artikel Terkait  Tahun 2019 Pemprov Targetkan Seluruh Sekolah Laksanakan UNBK

Oleh karena itu untuk menanggulangi dan memerangi korupsi, Idris mengemukakan selain tindakan represif oleh aparat penegak hukum kepada setiap pelaku korupsi, perlu pula tindakan prefentif oleh GMPK bersama seluruh komponen masyarakat.

“Saya berharap kepada pengurus GMPK untuk segera melakukan konsolidasi organisasi, buat rencana aksi dan rencana hasil. Kehadiran GMPK sangat dibutuhkan pemerintah dan masyarakat di daerah ini,” kata Wagub Idris Rahim.

Pelantikan DPD GMPK Provinsi Gorontalo dirangkaikan pula dengan seminar nasional yang mengangkat tema optimalisasi pengelolaan dalam penggunaan dana desa. Seminar diikuti oleh aparatur desa se Kabupaten Gorontalo.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini