Pengurus DPD GIPI Gorontalo Dilantik

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat memberikan sambutan usai mengukuhkan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Provinsi Gorontalo Masa Bhakti 2018-2023. Sebelum dikukuhkan DPD GIPI dilantik oleh Ketua Umum DPP GIPI, Didien Junaedy. (Foto : Nova Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Provinsi Gorontalo Masa Bhakti 2018-2023, secara resmi dilantik oleh Ketua Umum DPP GIPI, Didien Junaedy, dan dikukuhkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba di Ballroom Hotel  Grand Q, Sabtu (17/11/2018). Pelantikan turut disaksikan oleh, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran 1 Regional III serta perwakilan instansi terkait lainnya.

Baca Juga :  Wagub Kukuhkan Madrasah Diniyah Nuur Haddad

Dalam sambutannya Ketua Umum GIPI, Didien Junaedy mengatakan GIPI ini didirikan berdasarkan amanat Undang-undang nomor 10 tahun 2009 untuk mempersatukan seluruh unsur pariwisata yang ada di seluruh Indonesia.

“Saya bangga dan bahagia dengan adanya GIPI di Gorontalo. Sudah lama saya menginginkan DPD GIPI ada diseluruh indonesia untuk membantu pemerintah dalam menjalankan roda kebijakan kepariwisataan,” ujarnya

GIPI bertekat menjadi partner pemerintah dalam pembangunan pariwisata Indonesia, karena tahun depan Presiden Joko Widodo telah mencanangkan target 20 juta wisatawan mancanegara dan pergerakan wisata nusantara sebesar 275 juta orang.

“Target ini bukan menteri yang buat tetapi ini target presiden. Untuk itu dibutuhkan kolaborasi pentahelix yakni kolaborasi pemerintah, kalangan bisnis, akademisi, community dan media agar target itu bisa dicapai,” ujarnya

Baca Juga :  Tim RBI Tawarkan Konsep Kemudahan Berusaha di Gorontalo

Ia juga mengatakan GIPI hadir bukan untuk menyaingi organisasi kepariwisataan yg sifatnya operasional. GIPI lebih kepada kebijakan. Merumuskan kebijakan bersama pemerintah, merumuskan kode etik pariwisata Indonesia yang diambil dari kode etik pariwisata dunia. Gipi menciptakan produk-produk bersama-sama pemerintah yang bisa dikembangkan oleh biro-biro perjalanan, dan lain sebagainya.

“Jadi jangan sampai dengan adanya GIPI di Gorontalo ini dinilai sebagai pesaing. Tetapi, GIPI sebagai suatu wadah bagi para pelaku Industri Pariwisata, GIPI juga menjadi mitra kerja pemerintah dan bukan organisasi politik,” tegasnya.

Sementara itu Sekda Darda Daraba mengatakan industri pariwisata adalah bagian yang terintegrasi yang tidak bisa dipisahkan dengan pembangunan nasional, karena kesejahteraan masyarakat salah satu sumbernya melalui pembangunan pariwisata.

Baca Juga :  BKD Gorontalo Gelar Pembinaan Mental Spiritual ASN

Keadaan alam, flora, dan fauna, sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa, serta peninggalan purbakala, peninggalan sejarah, seni, dan budaya yang kita miliki merupakan sumber daya dan modal pembangunan kepariwisataan untuk peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
Tapi ingat pengembangannya harus terintegrasi, terencana terukur dan berkelanjutan.

“saya berharap dengan adanya GIPI sebagai wadah dari semua asosiasi dan organisasi yang bergerak di sektor pariwisata bisa memberikan kontribusi dan partisipasi aktif  serta nyata dalam pembangunan industry pariwisata Gorontalo.

Pelantikan DPD GIPI Provinsi Gorontalo dirangkaikan pula dengan workshop dan bimbingan teknis pemasaran pariwisata kolaborasi pentahelix  guna mencapai  target kunjungan wisata mancanegara dan wisata nusantara 2019.

Pewarta : Nova

171 total views, 1 views today

Rate this article!
author

Author: