Pengembangan Pariwisata Kawasan Teluk Tomini Harus Komprehensif

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim menghadiri forum diskusi pengembangan wisata kawasan bahari di kawasan Teluk Tomini di ballroom Hotel Maqna Kota Gorontalo, Selasa (14/11)

GORONTALO – Pengembangan sektor pariwisata di kawasan Teluk Tomini, harus dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi. Hal ini ditegaskan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat membuka forum diskusi pengembangan wisata bahari di kawasan Teluk Tomini yang digelar di ballroom Hotel Maqna Kota Gorontalo, Selasa (14/11).

“Pembangunan sektor pariwisata harus komprehensif. Daerah-daerah yang ada di Teluk Tomini harus bersinergi dan terpadu, tidak boleh hanya bersifat kedaerahan,” tegas Idris.

Pada forum yang diikuti oleh Dinas Pariwisata provinsi dan kabupaten/kota di kawasan Teluk Tomini, Wagub Idris Rahim memaparkan bahwa secara umum kondisi destinasi wisata bahari di Indonesia sama. Semuanya menjual keindahan pantai dan taman lautnya.

“Yang membedakan hanyalah keunikan, dan itu yang dicari para wisatawan. Keunikan inilah yang harus kita tonjolkan di kawasan Teluk Tomini sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung,” paparnya.

Lanjut kata Idris, yang tak kalah penting dalam mengembangkan sektor pariwisata bahari di Teluk Tomini, yaitu adanya kalender pariwisata yang terintegrasi. Terkait hal itu Idris mengusulkan, pada forum tersebut bisa dirumuskan kalender pariwisata untuk kawasan Teluk Tomini.

“Konsepnya, pariwisata Teluk Tomini kita jual dalam satu paket. Misalnya dari Bunaken di Sulawesi Utara, dilanjutkan ke Olele di Gorontalo, dan berakhir di Kadidiri Sulawesi Tengah,” jelas Idris.

Idris optimis dengan konsep yang terintegrasi seperti itu, sektor pariwisata di ketiga provinsi dalam kawasan Teluk Tomini akan sama-sama berkembang dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk membangun sektor pariwisata ini butuh kerja sama lintas sektor. Tidak bisa hanya Dinas Pariwisatanya yang bersinergi, tetapi juga instansi pendukung lainnya, karena berbicara pariwisata pasti akan terkait dengan infrastruktur, kuliner, lingkungan hidup, dan ekonomi kreatif,” pungkas Wagub Idris Rahim.

Turut hadir pada forum tersebut Asisten Deputi Pengembangan Infrastruktu dan Ekosistem Kementerian Pariwisata Frans Teguh, Direktur Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian PPN/Bappenas Leonardo Adypurnama, Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo Budianto Sidiki, pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, serta para pejabat Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota di kawasan Teluk Tomini.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

136 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply