Pengelolaan Arsip BPBD di Audit

0
11

Gorontalo, Humas – Tim Audit Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) didampingi tim Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, melakukan audit pengelolaan arsip Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo, Kamis (5/9/2019).

Nurgamah dari Tim ANRI menyampaikan, audit kearsipan merupakan proses identifikasi masalah, analisis dan evaluasi bukti. Audit ini dilakukan secara independen objektif dan profesional berdasarkan standar kearsipan untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas, efektifitas, efisien dan keandalan penyelenggaraan kearsipan.

Di tempat yang sama Sekretaris BPBD, Agus Maliki menjelaskan, untuk penyempurnaan arsip di BPBD perlu pengelolaan yang maksimal terutama dari pengelola perlu ditingkatkan pemahaman tentang kearsipan.

“Melihat kompetensi pengelola arsip BPBD ini perlu peningkatan kualitas, paling tidak kami akan ikutkan Diklat atau Bimtek pengelolaan arsip agar mereka bisa mengelola dengan baik, sehingga bisa meraih pengelola berkualitas arsiparis,” kata Agus.

Agus Maliki juga mengungkapkan perlunya penyiapan infrastruktur arsip seperti box arsip, untuk pengadaan center data arsip. Meningkatkan pengelolaan arsip ini adalah keharusan karena merupakan kewajiban setiap OPD, dalam menjaga amanah terkait dengan dokumen negara yang perlu dilindungi dan dijaga.

“Perlu ada penanganan mulai dari pengelolaan sampai pada pemilahan data arsip. Bahkan kami sampai pada akuisisi, di dalamnya kami bisa melihat mana arsip dinamis dan statis,” papar Agus Maliki.

Di dalam arsip dinamis dapat terlihat arsip yang sangat fundamental dan arsip biasa, sehingga perlu mengacu pada Jadwal Retensi Arsip (JRA). BPBD sudah memiliki JRA sehingga dapat melakukan pengelolaan arsip itu sesuai ketentuan yang ada.

Artikel Terkait  Zudan Berharap Konektifitas Antara Pulau Dioptimalkan

Jika arsip OPD tertata baik maka akan melancarkan kegiatan di kantor, memudahkan untuk melaksankan tupoksi yang ada berikutnya, agenda kegiatan terdokumentasi yang suatu saat akan menjadi nilai sejarah bagi OPD,pungkasnya.

Pewarta : ppid BPBD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini