Pemprov – UNHAS Perkuat Kerjasama Pendidikan

Wagub Idris Rahim,  Sekda Winarni Monoarfa, pimpinan SKPD, TKG berfoto bersama Rektor Unhas Makssar dan para Dekan, (Foto: Haris Radju)

Wagub Idris Rahim, Sekda Winarni Monoarfa, pimpinan SKPD, TKG berfoto bersama Rektor Unhas Makssar dan para Dekan, (Foto: Haris Radju)

Berita-rh.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo jalin kerjasama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Kerjasama di bidang pendidikan ini dituangkan dalam penandatangan nota kesepahaman (MoU), yang dilakukan Pemprov Gorontalo oleh Wakil Gubernur (Wagub)Idris Rahim dan Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu, di Auditorium Pasca Sarjana Unhas, Jumat (17/6).

“Unhas adalah universitas terkemuka di Indonesia Timur yang kualitasnya tidak diragukan lagi, oleh karena itu kita menjalin kerjasama dengan Unhas untuk memajukan Provinsi Gorontalo,” kata Wagub Idris Rahim.

Idris mengemukakan, untuk memajukan dan menyelesaikan berbagai persoalan pembangunan daerah, perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis utamanya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sumber daya aparatur, serta penelitian yang berhubungan langsung dengan hajat hidup masyarakat.

Menyadari akan hal itu, Pemprov Gorontalo menjalin kerjasama dengan Unhas di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Wagub berharap melalui kerjasama ini akan mampu melahirkan SDM aparatur yang berkualitas, profesional dan handal dalam menarik gerbong pemerintahan Provinsi Gorontalo.

“Kita memiliki obsesi untuk mensejajarkan Provinsi Gorontalo dengan provinsi lainnya yang telah maju di Indonesia. Mudah-mudahan itu bisa segera terealisasi dengan adanya kerjasama dengan Unhas,” tutur Wagub.

Sementara itu Rektor Unhas Diwa Aries Tina Pulubuhu mengakui, Unhas telah memiliki hubungan dekat secara kelembagaan dengan Pemeprov Gorontalo.

“Banyak teman-teman civitas Unhas yang telah mengabdi di Gorontalo, seperti dalam pengembangan Fakultas Kedokteran di UNG dan sebelumnya sudah banyak kerjasama yang kami lakukan di Gorontalo,” kata Dwia Aries Tina Pulubuhu.

 

Penandatanganan MoU tersebut, lanjut Dwia, akan banyak peluang-peluang yang bisa dikerjasamakan baik di bidang kesehatan, agrikultur, perikanan dan kelautan, lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial politik.

“Pada intinya kami siap membantu untuk mengembangkan Provinsi Gorontalo yang berbasis kebutuhan lokal,” tandas Rektor Unhas.

Hadir pada penandatanganan MoU tersebut Sekprov Winarni Monoarfa, Tim Kerja Gubernur Gorontalo, para Ddekan dilingkungan Unhas Makassar, serta pimpinan SKPD Provinsi Gorontalo. (Haris Radju/b-rh)

251 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply