Pemprov Pacu Pengembangan Teknologi Tepat Guna

Gorontalo – Pengembangan tekhnologi bisa dilakukan dimana saja, termasuk dilingkungan masyarakat, yakni melalui tekhnologi tepat guna ( TTG ).

Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Badan Lingkungan Hidup dan Riset Daerah ( BLHRD ) mendorong masyarakat agar terus mengembangkan dan memanfaatkan TTG.

Untuk memotivasi, Pemprov menyelenggarakan lomba TTG dengan total hadiah mencapai Rp 35 Juta. Pelaksanaan lomba yang berlangsung di gedung Musdalifah, kota Gorontalo, Kamis ( 28/7 ) itu diikuti oleh 31 inovator.

Dibagi dalam tiga kategori, yakni pelajar, mahasiswa dan umum. Kepala BLHRD Provinsi Gorontalo Dr. Nancy Lahay, MP mengatakan, lomba ini harus menjadi motivasi bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk terus berinovasi mengembangkan TTG.

Dengan peralatan yang sederhana, kata Nancy, masyarakat sudah bisa menghasilkan tekhnologi yang bermanfaat.

” Kegiatan ini diharap dapata menginspirasi. Pemerintah akan selalu memfasilitasi, dan memberikan apresiasi terhadap inovasi-inovasi yang dihasilkan masyarakat,” tandasnya.

Dalam lomba TTG kali ini, peserta dari MAN Insan Cendekia Gorontalo berhail menjuari dari kategori pelajar. Hasil inovasi berupa pemanfaatan limbah cangkang telur sebagi adsorben terhadap logam berat timbal dinilai TTG yang sangat bermanfaat.

Sementara untuk kategori mahasiswa diraih peserta asal Universitas Ichsan Gorontalo, yakni berupa pompa air tenaga surya ramah lingkungan, serta dari kategori umum diraih kelompok Sinar Lahe Pohuwato berupa lampu celup pembantu penangkap ikan.

” Hasil TTG ini akan dipamerkan pada pameran Ristek Ekspo 2016 di Solo dalam rangka peringatan hari kebangkitan tekhnologi nasional pada 10 Agustus mendatang,” ujar Dr. Nancy Lahay. (gp/tro)

266 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply